Jumat, 19 April 2024

Trans Batam Siapkan Cara Bayar Kekinian, Non Tunai

Berita Terkait

Fitriyani seorang petugas tiket Trans Batam Dinas Perhubungan Kota Batam saat memberikan tiket kepada salah seorang penumpang tujuan Batamcenter-Sekupang. Bus Trans Batam menjadi salah satu sarana angkutan umum warga Batam. F cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Angkutan umum Trans Batam (TB) bersiap menerapkan sistem pembayaran baru.

Rencananya pembayaran nontunai efektif diterapkan mulai 2019 mendatang. Saat ini, pengelola TB sudah menyebar sebanyak 6.000 kartu pembayaran untuk menunjang sistem tersebut.

Kepala BLU UPT Pelayanan Jasa Transportasi Dishub Kota Batam Bambang Sucipto menjelaskan, peningkatan sistem pembayaran menuju arah nontunai memiliki banyak manfaat dibandingkan mode konvensional. Salah satunya mengurangi potensi penyelewengan.

Pembayaran dengan kartu juga dinilai lebih efektif sehingga tidak lagi menyebabkan antrean penumpang. “Ini akan membuat masyarakat menjadi lebih nyaman. Tidak perlu antre karena prosesnya cepat. Tinggal tempelkan kartu dan sudah tercatat,” kata Sucipto, Sabtu (19/5).

Namun, lain halnya sistem pengamanan. Sampai saat ini masih menjadi persoalan klasik karena belum mengalami perbaikan sistem. Tercatat hanya ada 38 kamera CCTV milik Dishub Kota Batam yang tersebar di persimpangan jalan. Ditambah 20 titik lokasi CCTV dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo).

“Saat ini baru itu yang kami punya. Kami maksimalkan yang ada dan dengan tambahan dari Kominfo. Kami sudah lakukan pembicaraan agar bisa terintegrasi,” terang Sucipto.

Untuk mewujudkan sistem pengamanan, Dishub kota Batam harus membutuhkan dukungan dana yang tidak sedikit. Di Jakarta misalnya, sudah menyediakan CCTV di tiap haltenya. Sehingga bisa memantau kawasan tersebut secara menyeluruh.

(bbi/JPC)

Update