Jumat, 29 Maret 2024

Kapal Bukit Raya Masih Kandas

Berita Terkait

Proses evakuasi penumpang KM Bukit Raya yang kandas beberapa waktu lalu. F. Aulia Rahman/batampos.co.id

batampos.co.id – kandasnya KM Bukit Raya di perairan Sedanau, Natuna menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat Natuna. Dikuatirkan hal ini mengancam kelancaran arus mudik Lebaran. Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Natuna Iskandar DJ, kekhawatiran tersebut sudah disampaikan kepada pemerintah pusat, maupun kepada pihak Pelni.

“Kekhawatiran masyarakat kami harap tidak berkepanjangan. Pemerintah daerah sudah menyurati dan berkomunikasi dengan pihak Pelni dan Kementerian Perhubungan, Pemda sudah minta kapal pengganti,” kata Iskandar DJ, Senin (21/5).

Kabarnya, KM Lawit akan menggantikan sementara KM Bukit Raya untuk memperlancar arus mudik lebaran. Sementara kapal Pelni KM Bukit Raya masih dalam kondisi kandas. Menurut informasinya, kapal kandas dengan kedalaman antara empat hingga lima meter di perairan Sedanau.

“KM Bukit masih kandas, kami juga menunggu laporan dari Tim Pelni. Kapan mau ditarik, tim penyelam dari Basarnas sudah melakukan pengecekan,” kata Iskandar.

Dikatakan Iskandar, kerusakan lambung kapal akibat terkandas di batu karang diperairan Sedanau, terdapat goresan panjangnya sekitar lima meter, menyebabkan kapal bocor.
“Tapi kata tim dari Pelni, kebocoran tidak lama diperbaiki sementara untuk ditarik ke galangan terdekat. Mudah-mudahan proses evakuasi kapal berjalan sesuai rencana,” ujar Iskandar.(arn)

Update