Kamis, 25 April 2024

Program dari Dana Desa Harus Diketahui Masyarakat

Berita Terkait

batampos.co.id – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Bintan Ronny Kartika mengingatkan kepala desa supaya terbuka dan transparan kepada masyarakatnya dalam menyusun program yang bersumber dari dana desa (DD) maupun alokasi dana desa (ADD).

”Segala kegiatan yang dilakukan di desa sebaiknya disosialisasikan ke masyarakatnya,” tegas Ronny, Senin (21/5).

Persoalan yang ada di Desa Lancang Kuning, cukup menjadi pembelajaran yang berarti karena komunikasi yang terbangun antara pemerintah desa dan masyarakatnya tersumbat. Oleh karenanya, Ronny mengimbau kepala desa sebaiknya proaktif dalam menyosialisikan program-program yang akan dikerjakan di desa.

Jika perlu, kepala desa mampu membuat pra kegiatan yang sumber dananya berasal dari dana desa. Selain itu, dalam menyusun kegiatan kades sebaiknya melibatkan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Badan Permusyawaratan Desa (BPD) maupun tokoh masyarakat. ”Masyarakatnya juga harus dilibatkan,” jelasnya.

Tujuannya supaya semua elemen yang dilibatkan mengerti arah pembangunan yang akan dilakukan dan masyarakatnya bisa merasakan manfaatnya. ”Pra kegiatan maksudnya sebelum kegiatan dikerjakan, masyarakat sudah disosialisasikan,” tukasnya.(met)

Update