Kamis, 25 April 2024

Batam BerSyiar Meriahkan Ramadhan

Berita Terkait

Melly Goeslow saat tampil pada acara Batam BerSyiar. | Cecep mulyana / batampos.co.id

batampos.co.id – Untuk mengisi kegiatan di bulan suci Ramadhan, Badan Pengusahaan (BP) Batam bersama Ikatan Pondok Keluarga Modern (IKPM) Gontor Cabang Batam menggelar BP Batam Bersyiar dari 21 Mei hingga 5 Juni.

Berlokasi di landmark Welcome To Batam, BP Batam bersyiar akan tampil menyemarakkan Bulan Ramadhan dengan berbagai kegiatan dakwah.

“Kegiatan ini diselenggarakan berkat kerjasama dengan BP, Perpat dan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kepri. Total peserta mencapai 1504 orang,” kata Ketua IKPM Gontor Cabang Batam Ilham Sudirman, Selasa (22/5).

Batam Bersyiar merupakan rangkaian kegiatan dakwah selama Bulan Suci Ramadhan yang berakhir pada peringatan Nuzulul Quran pada 5 Juni nanti.

Berbagai acara dikemas dengan menarik, antara lain Batam Mondok yang digelar dalam dua tahapan. Tahap pertama dari 20 Mei sampai 31 Mei.

“Tahap pertama diikuti oleh 200 calon pelajar Gontor,” katanya.

Sedangkan tahap kedua dimulai dari 1 hingga 5 Juni. Tahapan ini diperuntukkan buat pelajar dari Batam.

“Target kami adalah 1000 peserta, tapi sekarang sudah ada 700 yang mendaftar,” paparnya.

Disamping itu juga ada penggalangan bakti sosial melalui pengumpulan dana yang akan diserahkan kepada empat daerah yakni Somalia, Suriah, Rohingya dan Palestina.

“Selain itu festival rebana pada 26 Mei dari Perpat. Lalu 27 Mei diisi oleh Zikir Barat yang melibatkan masyarakat dari Batam dan Hinterland,” ucapnya.

Kemudian pada tanggal 25 Mei juga ada kegiatan santritani yang digagas oleh Himpunan Komunitas Tani Indonesia (HKTI). “Acara ini juga diikuti oleh UKM yang mengisi 400 stan di landmark Welcome to Batam (WTB). Sebagian sudah diisi oleh UKM yang biasa berjualan di WTB,” katanya.

Acara ini juga akan menyulap Gedung Islamic Centre menjadi stan bagi sponsor acara ini.”Dan di acara puncak nanti, ada kreativitas dari Pondok Pesantren Gontor dan diisi tabligh akbar,” pungkasnya.(leo)

Update