Jumat, 19 April 2024

Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Siagakan Tiga Alat Berat Baru untuk Bantu Warga Marina, Sekupang

Berita Terkait

Eskavator jenis amfibi milik Bina Marga Kota Batam menormalisasi drainase F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Tiga unit alat berat milik Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) tiba di Batam, Selasa (22/5). Satu alat amphibi dan dua eskavator ini langsung diturunkan untuk menormalisasi drainase yang berada di Perumahan Rici, Marina.

Kepala DBMSDA Batam, Yumasnur mengungkapkan selain uji coba, alat ini langsung difungsikan untuk menormalisasi beberapa drainase yang dekat dengan perumahan warga seperti di Perumahan Rici tersebut.

“Amphi sudah di sana. Lokasi pertama yang akan dikerjakan oleh amphibi baru tersebut drainase di Perumahan Rici,” kata Yumasnur, Rabu (23/5).

Tiga alat berat ini dibeli melalui e-Katalog. Berdasarkan rancangan anggaran pendapatan asli daerah (APBD) tahun 2018, DBMSDA menganggarkan Rp 11 miliar untuk pengadaan alat berat.

Penambahan dua long arm dan amphibi ini diharapkan bisa mempercepat pengerjaan drainase yang ada di Batam. Sebab perubahan cuaca yang terjadi belakangan ini membuat debit air meningkat.

“Jika tidak cepat ditangani, ditakutkan meluap dan bisa menyebabkan banjir,” sebutnya.

Selain, Pemerintah Kota pihaknya juga dibantu Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV. Pengerjaan sudah berjalan seperti drainase induk yang berada di Patamlestari dan Tibanlama.

Yumasnur menambahkan, tahun lalu pihaknya juga menganggarkan Rp 12,5 miliar untuk pembelian enam alat berat berupa satu amphibi dan lima eskavator jenis long arm dan middle arm.(yui)

Update