Sabtu, 20 April 2024

Hang Nadim Awasi Arus Mudik

Berita Terkait

Calon penumpang memedati pintu keberangkatan Bandara Hang Nadim Batam, Rabu (9/5).Arus penumpang menjelang puasa terlihat masih normal belum ada lonjakan. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Petugas Bandara Internasional Hang Nadim akan mengawasi setiap proses arus mudik Idul Fitri 1438 Hijriah. Pengawasan dilakukan pihak Hang Nadim, nantinya akan terkoneksi dengan Kementrian Perhubungan.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim, Suwarso menyebutkan ada beberapa poin penting yang akan mereka awasi selama mudik. “Ada tiga,” katanya, Rabu (23/5).

Tiga poin ini lebih condong untuk pengawasan terhadap maskapai penerbangan. Suwarso menuturkan pihaknya akan mengawasi ketersedian pesawat, jadwal penerbangan maupun adanya delay. “Hal-hal seperti ini perlu diantisipasi,” tuturnya.

Ia mengatakan setiap adanya keterlambatan, delay, atau kurangnya pesawat, tentunya menjadi catatan tersendiri bagi petugas Hang Nadim selama arus mudik. “Selain itu tentang tiket juga kami awasi,” ungkapnya.

Suwarso mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Polresta Barelang, untuk mengantisipasi adanya calo. Selain itu, ia menuturkan sudah meminta ke pihak maskapai mengikuti aturan yang telah ditetapkan. “Harga tiket tak boleh melebihi tarif batas atas yang tercantum di Peraturan Menteri Perhubungan PM 14 tahun 2016,” katanya.

Apabila ada pelanggaran yang dilakukan oleh maskapai atau travel agen, dengan menjual tiket melebihi aturan. Suwarso mengatakan akan memberikan peringatan pertama, kedua dan ketiga. Namun andai kata peringatan tersebut diacuhkan, maka izin rute maskapai yang melanggar itu akan dibatalkan.

“Selain pengawasan, kami juga memaksimalkan pelayanan nantinya,” tuturnya.

Suwarso menyatakan kesiapan menyambut pemudik Idul Fitri 1438 Hijriah. Berbagai kendala yang timbul nantinya, sudah diantisipasi jauh-jauh hari oleh pihak Hang Nadim. “Saya sudah menanyakan kesiapan aramada maskapai, menanyakan kendala, kesiapan kru. Maskapai sudah siap semua, kamipun di Hang Nadim juga siap,” pungkasnya. (ska)

Update