Jumat, 29 Maret 2024

Pemko Berhasil Kendalikan Inflasi

Berita Terkait

batampos.co.id – Bank Indonesia Perwakilan Kepri mengapresiasi keberhasilan Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang dalam mengendalikan inflasi. Bahkan, menjelang Ramadan inflasi di ibu kota provinsi ini masih terkendali.

”Inflasi di Kota Tanjungpinang relatif lebih terkendali dibandingkan Batam dan Provinsi Kepri sendiri,” kata Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Kepri Gusti Raizal Eka Putra, kemarin.

Bagi Gusti, hal semacam ini patut diapresiasi. Pasalnya, belum tentu semua pemerintah daerah di Indonesia bisa melakukannya. Kata dia, hal ini menunjukkan keberhasilan pemerintah yang konsisten dan komitmen menjalin kemitraan dan koordinasi apik antarinstansi. Dan itu, kata Gusti, adalah kunci.

Terlebih ketika menghadapi Ramadan dan Lebaran ini. Terjadinya perubahan pola konsumsi masyarakat yang lebih mengedepankan keinginan bukan kebutuhan, kata Gusti, tidak bisa diantisipasi jika antara distributor dan pemerintah tidak saling berkomunikasi tentang ketersediaan komoditas.

Karena itu ia berharap para distributor dapat menjamin stok kebutuhan pokok dan menjaga kestabilan harga agar tidak ada kenaikan bila perlu diberikan potongan harga atau diskon. ”Kami juga mengharapkan para distributor dengan kondisi stok yang mencukupi untuk beberapa bulan ke depan ini dan harga bahan pokok di pasaran juga dapat terkendali,” kata Gusti.

Terpisah, Sekda Kota Tanjungpinang Riono menjelaskan bahwa upaya-upaya yang dihadapi selama bulan Ramadan dan Lebaran sudah dilakukan jauh-jauh hari. ”Bahkan, kami telah melakukan koordinasi dengan berbagai stakeholder seperti BI yang memberikan berbagai macam referensi dalam menghadapi bulan suci Ramadan ini,” ungkap Riono.

Untuk ketersedian stok bahan pokok, sambung Riono, berdasarkan rapat bersama distibutor dan laporan dari Bulog ketersediaan stok bahan pokok masih aman untuk beberapa bulan ke depan. ”Dengan ketersediaan stok yang cukup membuat harga di pasaran juga masih stabil dan memastikan tidak ada terjadi kenaikan harga dari para distributor,” ujar Riono. (aya)

Update