Rabu, 17 April 2024

Rp 7 Miliar Untuk Bangun Jalan Sepanjang 700 Meter

Berita Terkait

Seorang melihat gerbang taman warna-warni kebun Raya Batam di Nongsa | Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Kebun Raya (KR) Batam terus dikembangkan. Tahun ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) menambah pembangunan infrastrutur jalan. Total anggaran mencapai Rp 7 miliar.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Adek Lonavia mengatakan, jalan tersebut diberi nama jalan koleksi. Artinya, sepanjang sisi kanan dan kiri jalan yang dibangun akan dipajang koleksi tanaman KR Batam.

“Jalan ini tempat orang berjalan santai, pakai motor pun bisa. Kiri kanan jalan, akan dikelompokkan family tanaman dalam beberapa zona,” terang Adek, Rabu (23/5) pagi.

Menurutnya, pengerjaan dilakukan langsung oleh KemenPUPR. Jalan ini akan dibangun dengan lebar 6 meter yang memanjang hingga 700 meter. Sepanjang jalan kelak akan dipenuhi tanaman yang dapat memanjakan mata pengujung, seperti berbagai macam bunga.

“Ini hanya proyek fisik jalan. Pengerjaannya kami (Pemko Batam) tidak ikut campur,” imbuhnya.

Soal koleksi, Kebun Raya yang pengembangan awalnya dikerjasamakan dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini kini mencapai puluhan ribu. “Ada 10 ribu tanaman koleksi,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Dinas Perumahan Rakyat, Pemukiman, dan Pertamanan (Disperkimtan), Eryudhi Apriadi mengatakan pembangunan fisik yang sudah mulai dikerjakan Mei ini ditargetkan rampung tahun ini juga.

” Oktober selesai, awal November sudah operasional,” ucapnya. (iza)

Update