batampos.co.id – Satu yacht dievakuasi TNI AL Ranai di Perairan Midai Natuna, Kamis (24/5). Yacht bernama Fukumaru berbendera Malaysia diketahui milik warga negara Jepang. Disinyalir kapal mengalami kerusakan mesin.

Kapal ini dibiarkan mengapung tanpa awak, dan ditemukan Amrizal Muktar, se­orang nelayan Midai yang se­dang melaut dan melaporkan yacht yang terapung-apung.
Komandan Lanal Ra­nai Ko­lonel Laut (P) Harry Setyawan mengatakan, Lanal Ranai sudah menerima informasi berita kecelakaan yatch Fukumaru dari hasil koordinasi antara Basarnas Natuna dan Basarnas Daerah yang berkoordinasi dengan Guspurla Armada I dan Guskamla Armada I.

“Laporan Basarnas Natuna ke Puskodal Mako Lanal Ranai tentang adanya kejadian kerusakan mesin yang menimpa yacht Fukumaru di Perairan Midai,” ujarnya.

Pihak Basarnas meminta TNI AL untuk membantu melakukan pencarian, penyelamatan dan evakuasi. Danlanal Ranai berkoordinasi dengan Koarmada I untuk melaksanakan perbantuan pencarian dengan KRI dan pesawat patroli maritim TNI AL.

“Sebelum kapal yacht dievakuasi, tiga kru kapal rupanya sudah dievakuasi lebih dulu oleh kapal berbendera Malta menuju Malaka, Malaysia,” ujarnya.

Yatch itu kemudian dibawa ke dermaga pasar Midai depan Pos AL menggunakan ka­pal pompong KM Anugerah Suci. “Ketiga nama awak yacth yang berlayar itu adalah dua pria Akio Fukumoto dan Kinuichi Iwasa, serta Mayumi Sasaki. Mereka berangkat dari pelabuhan asal Lang­kawi,” (arn)

Respon Anda?

komentar