Jumat, 29 Maret 2024

Pemudik mulai Padati Hang Nadim Minggu Depan

Berita Terkait

Calon penumpang memedati pintu keberangkatan Bandara Hang Nadim Batam. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Pemudik Idul Fitri 1439 Hijriah diperkikan akan mulai memadati Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Minggu depan. Pemudik yang akan memadati Hang Nadim minggu depan itu, diperkirakan mencapai 7 ribu orang perharinya.

“Lonjakan penumpang minggu depan terlihat. Tapi tidak tinggi, karena baru awal arus mudik,” kata Direktur Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim, Suwarso, Kamis (24/5).

Namun mulai minggu depan, dari hari ke hari penumpang yang balik ke kampung halamannya terus bertambah. Hingga akhirnya memasuki masa puncak mudik. “Tahun ini agak berbeda dengan tahun sebelumnya,” ungkap Suwarso.

Tahun lalu, mudik dimulai dari H-7 lebaran, dan puncaknya di H-3 atau H-2. Tapi karena tahun ini, karena kebijakan libur bersama dari pemerintah diperpanjang, tentunya akan merubah pola waktu mudik masyarakat.

“Libur mudik lebih panjang, jadi saya perkirakan puncak mudik itu di H-7 dan H-6. Sedangkan puncak arus balik di H+8,” ujarnya.

Suwarso mengatakan peningkatan penumpang mudik tahun ini tidak terlalu signifikan. Karena ekonomi masih belum membaik sepenuhnya. Dari rilis Kementrian Perhubungan, lonjakan penumpang hanya 5 persen saja. Namun Suwarso memperkirkan di Hang Nadim malah kurang dari itu. “4 persen saja,”

Pergerakan naiknya jumlah penumpang terlihat dari pemesanan tiket dilakukan masyarakat. Tiket pesawat berbiaya rendah seperti Lion dan Citilink, sudah mulai penuh di pesan masyarakat di minggu pertama ramadan. Dan ada beberapa tiket ke beberapa daerah yang sudah ludes terjual. Fenomena ini meyakinkan Suwarso akan terjadinya penambahan jumlah penumpang. “Tahun lalu itu 185 ribu orang, tahun ini kami perkirakan 193 ribu orang mudik melalui Hang Nadim,” katanya. (ska)

Update