batampos.co.id -Jabatan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri resmi berganti, sejak Kamis (24/5) lalu. Posisi Ketua yang sebelumnya dijabat oleh Said Sirajudin berpindah tangan ke Sriwati lewat rapat pleno setelah pelantikan di Jakarta. KPU Kepri juga sudah membentuk alat kelengkapannya.

“Setelah pelantikan langsung dilanjutkan dengan rapat pleno. Alhamdulillah tanggungjawab sebagai Ketua diberikan kepada saya,” ujar Sriwati yang merupakan komisioner petahana KPU Kepri tersebut, kemarin.

Menurut Sriwati, dalam rapat pleno tersebut bukan hanya memilih ketua saja. Tetapi juga menyusun alat-alat kelengkapan KPU Provinsi Kepri yang terdiri dari beberapa devisi. Yakni devisi hukum dan pengawasan, devisi perencanaan, program dan data, devisi teknis penyelenggaraan, devisi parmas, dan devisi keuangan dan logistik.

“Dengan adanya pembagian tugas kerja ini, akan memudahkan kerja setiap masing-masing devisi,” paparnya.

Diakuinya, sebagai Ketua KPU, ia bersama dengan komisioner KPU terpilih punya tanggungjawab besar. Atas dasar itu, ia bertekad akan melaksanakan tugas-tugas sesuai aturan dan prinsip aturan KPU. Karena KPU ini sebagai wasit dalam pelaksanaan pemilihan umum sehingga harus adil dan netral tidak berpihak kemana pun.

Masih kata Sri, penyelenggara pemilu harus bekerja sesuai dengan azas dan prinsip-prinsip pemilu. Terutama dalam menghadapi pemilu pertama yang dilaksanakan dengan serentak di seluruh Indonesia. Tentu hal itu, menjadi pekerjaan bagi pihaknya sebagai penyelenggara Pemilu. Karena pada Pemilu 2019 nanti ada pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR, DPRD.

“Tanggungjawab besar ini, akan menjadi tantangan bagi kami kedepannya,” tegas Sriwati.

Lebih lanjut katanya, terpilihnya ia sebagai anggota KPU Kepri untuk yang kedua priode dan saat ini dipercaya sebagi ketua, tentunya sedaya upaya agar dapat bersama-sama berkomitmen melaksanakan pemilu 2019 dengan baik. Dan yang tidak kalah penting menjaga integritas dan independensi sebagai penyelenggara pemilu.

“Saya pribadi tentu akan bekerja sesuai dengan aturan dan azas dan prinsip-prinsip pemilu. Selain itu dengan pengalaman selama ini tentunya akan bekerja dengan lebih baik,” tutup Sriwati.(jpg)

Advertisement
loading...