Sabtu, 20 April 2024

Berlayar Menuju China

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Badan Pengusahaan (BP) Batam mewacanakan akan membuka jalur pelayaran dari Batam menuju China. Tujuannya adalah untuk mendongkrak ekspor dari Batam menuju salah satu negara dengan kekuatan ekonomi terkuat di dunia tersebut.

“Nanti langsung dari Batuampar. Karena BP berniat jadikan pelabuhan tersebut sebagai hub internasional,” kata Kepala Kantor Pelabuhan Laut BP Batam Nasrul Amri Latif, Sabtu (26/5).

China untuk saat ini sebagai pasar terbesar untuk produk Indonesia. Secara kuantitas, tentu akan lebih menguntungkan karena akan lebih hemat biaya daripada harus melewati Singapura lagi.

“Secara kuantitas atau volume menguntungkan, tapi kalau kecil-kecil, biayanya nanti tak relevan,” paparnya.

Hingga saat ini Nasrul mengatakan banyak perusahaan yang tertarik untuk ikut membangun pelabuhan tersebut. “BP Batam akan sediakan pelabuhan secara fundamental dulu sebagai hub internasional,” jelasnya.

Setelah pembangunan infrastruktur usai, maka akan tercipta suplai penawaran dan permintaan.”Dan buat pranata sistem yang dapat melayani semua pihak dengan baik dan mudah,” jelasnya.

Disamping itu, BP masih menunggu aturan main serta regulasi yang mendukung untuk pengembangan pelabuhan. Namun Nasrul merinci belum bisa merinci peraturan seperti apa yang dimaksud.(leo)

Update