Jumat, 29 Maret 2024

Citilink Batalkan Extraflight

Berita Terkait

Bandara Hang Nadim Batam. foto:yusuf hidayat/batampos

batampos.co.id – Maskapai Citilink membatalkan rencana penambahan extraflight tanggal 11 -24 Juni di Bandara Hang Nadim Batam.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Suwarso mengatakan sebelumnya Citilink mengajukan penambahan extraflight untuk dua tujuan, yakni Batam-Palembang, Batam-Padang. Namun, kemarin, Citilink kembali mengirim surat pembatalan untuk penambahan extraflight di dua tujuan tesebut.

“Citilink batalkan penambahan extraflight, artinya tak ada penambahan penerbangan citilink pada saat lebaran nanti. Surat pembatalan sudah kami terima,” kata Suwarso kepada Batam Pos, Sabtu (26/5).

Begitu menerima surat pembatalan, Suwarso langsung menghubungi General Manager Citilink yang ada di Bandara Hang Nadim Batam. Menurutnya, Citilink membatalkan extraflight karena alasan operasional.

“Alasan operasional makanya extraflight dibatalkan. Namun tak dijelaskan secara rinci operasional seperti apa,” jelas Suwarso lagi.

Dikatakan Suwarso, pembatalan extraflight oleh citilink tak mempengaruhi arus mudik di Bandara Hang Nadim Batam. Sebab, citilink masih menyediakan penerbangan reguler seperti biasa untuk kedua tujuan tersebut (Batam-Palembang, Batam-Padang).

“Tak ada masalah, karena masih ada penerbangan reguler. Untuk arus mudik sebenarnya belum bisa kami pastikan, karena belum memasuki H-,” tegas Suwarso.

Disinggung apakah masih bisa citilink kembali mengajukan extraflight, menurut Suwarso masih bisa. Asal, citilink kembali membuat laporan dan dapat izin dari Kementrian Perhubungan.

“Kalau diajukan masih bisa, tapi kan ada syaratnya dan izin dari Kementrian. Batas waktu tidak ada, ya biasanya masih bisa diajukan H-3 lebaran,” ungkap Suwarso.

Disisi lain, Suwarso menegaskan dua maskapai yakni lion air dan sriwijaya tetap mengajukan penambahan extraflight. Namun pengajuakn itu masih menunggu persetujuan dari Kementrian.

“Yang lain belum ada membatalkan,” imbuh Suwarso.

Sementara, Manager Citilink Area Batam Hendra Js tak menapik adanya pembatalan pengajuan extraflight di Bandara Hang Nadim Batam. Alasan pembatalan karena extrafligt dialihkan ke Bandara Halim, Jakarta.

“Sementara kami batalkan, dan rute kami alihkan ke Halim untuk berbagai tujuan,” terang Hendra kepada Batampos yang dihubungi terpisah, kemarin.

Menurutnya, pengalihan rute extrafliht ke Bandara Halim dari sisi bisnis lebih menguntungkan dibanding Bandara Hang Nadim Batam. Tak hanya dari segi harga tiket, namun juga jumlah penumpang.

“Halim dari sisi bisnis lebih menguntungkan, makanya untuk sementara rencana extraflight di Hang Nadim Batam kami alihkan,” tegasnya.

Disisi lain, Hendra tak menapik jika nantinya ada kelebihan unit maskapai, maka pihaknya akan kembali mengajukan extraflight di Bandara Hang Nadim Batam.

“Kalau ada sisa rotasi mungkin bisa jadi diajukan lagi. Namun itu belum pasti,” pungkas Hendra. (she)

Update