Jumat, 29 Maret 2024

Target Zakat Sekitar Rp 40 Juta

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Kementerian Agama (Kemenag) Batam bersama badan amil zakat akan mengoptimalkan pelayanan zakat di tempat-tempat umum, musala hingga masjid mulai pekan depan.

“Sebenarnya untuk masjid dan musala sudah mulai ada yang zakat di hari pertama puasa, namun di tempat umum yang ramai dikunjungi masyarakat baru minggu depan mulai beroprasi,” kata Kepala Kemenag Batam, Erizal Abdullah, Sabtu (26/5).

Ia menyebutkan untuk target tahun ini pihaknya masih akan membahas bersama badan amil zakat, pengurus musala hingga masjid, Senin (28/5). Namun menurutnya target tidak akan jauh dari tahun lalu.

“Tahun lalu target sampai Rp 40 juta namun tidak tercapai,” sebutnya.

Berdasarkan pengalaman tahun lalu, tidak tercapainya target tersebut dipengaruhi keadaan ekonomi dan berkurangnya jumlah partisipasi zakat.

“Ini berdasarkan laporan mereka yang bertugas mengumpulkan zakat,” jelasnya.

Untuk mendapatkan pencapaian yang maksimal, lembaga zakat di Batam telah menyebar anggota mereka untuk mengumpulkan zakat di tempat umum seperti pusat perbelanjaan, bandara, pelabuhan, rumah sakit, hingga tempat- tempat keramaian lainnya.

“Ini guna mempermudah mereka yang tidak memiliki waktu datang ke masjid, jadi badan amil zakat membuka tempat pembayaran zakat di tempat tersebut,” terangnya.

Erizal menambahkan keutamaan zakat ini bisa membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan yang ada di Batam. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) saat ini terdapat lebih kurang 39 ribu warga miskin.

“Inilah yang akan kita bantu, biasanya lembaga zakat sudah memiliki data kemana akan disalurkan,” imbuhnya.

Untuk zakat fitrah sendiri, masing- masing perorangan bisa membayar 2,5 kilogram dari apa yang mereka konsumsi.

“Berzakatlah sesuai apa yang kita makan, kalau bisa lebih tentu akan banyak pahala yang akan kita dapatkan,” imbaunya.

Seluruh zakat yang terkumpul akan diumumkan pada saat salat Idul Fitri dilaksanakan. “Nanti kita akan umumkan di depan pak wali,” tutupnya.(yui)

Update