Jumat, 29 Maret 2024

KN Belut Laut Tangkap Kapal Bermuatan 5 Ton Kabel Optik Illegal

Berita Terkait

batampos.co.id – KN Belut Laut 4806 Badan Keamanan Laut (Bakamla) tangkap sebuah kapal kayu bermuatan lima ton kabel optik tanpa dokumen di perairan sebelah utara Tanjung Berakit, Bintan, Sabtu (26/5) lalu. Hasil pemeriksaan sementara kabel optik tersebut diduga hasil jarahan para awak kapal dari bawa laut untuk dijual kembali di Bangka.

Kasubbag Humas Bakamla RI Mayor Marinir Mardiono dalam siaran persnya menjelaskan, penangkapan kapal tersebut karena kecurigaan personil KN Belut Laut yang dikomandani oleh AKBP Capt. M. Mar terhadap gerak gerik kapal kayu yang mencurigakan itu.

Saat diperiksa awak kapal hanya bisa menunjukan beberapa dokumen sudah tidak berlaku, antara lain Surat Persetujuan Berlayar (SPB), dokumen crew list, data manifest, surat ukur, pas besar sementara, dan sertifikat keselamatan.Selain dokumen yang sudah kadaluarsa, dalam pemeriksaan itu juga ditemukan kabel optik kurang lebih lima ton tanpa kelengkapan dokumen, alat potong kabel optik, kompresor, selang dan alat selam.

“Dari temuan ini diduga kabel optik ini hasil jarahan dari bawa laut. Rencananya mau dibawa ke Bangka untuk dijual,” ujar Mardiono.

Berdasarkan keterangan yang tertera dalam SPB kadaluarsa tersebut, perjalanan terakhir kapal yaitu bertolak dari Tg. Ru (Jebus) Muntok tujuan Tg. Uban, tertanggal 5 Maret 2018. Saat diperiksa, nakhkoda atas nama Naim juga tidak berada diatas kapal.

“Ada dua orang penyelam yang diduga melakukan pengambilan kabel diwaktu menjelang siang hingga sore hari,” ujar Mardiono

Guna proses hukum lebih lanjut, maka Kapal KM Tapan Ocean atau KM. Topan Ocean sebagaimana tertulis di dokumen, beserta seluruh barang bukti ditarik dan dikawal menuju Pangkalan Bakamla Barelang Batam.

Kabakamla RI kabakamla Laksamana Madya TNI Arie Soedewo melalui penasehatnya Taviota Bay membenarkan adanya tangkapan kapal dan lima ton kabel optik yang diduga hasil jarahan dari bawa laut di periaran Bintan itu.

“Iya benar. Itu suatu keberhasilan Bakamla dibawa pimpinan pak Arie Sordewo. Besok (hari ini) rencananya pak Arie sendiri yang akan konfrensi pers di sini (Batam),” ujar Taviota di Sagulung, kemarin. (eja)

Update