Kamis, 25 April 2024

Proyek Gurindam 12 Belum Lelang

Berita Terkait

Kawasan Tepi laut menjadi kawasan proyek multiyears penataan Pantai Gurindam Tanjungpinang. F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Kepala Badan Layanan dan Pengadaan (BLP) Pemprov Kepri, Misbardi mengatakan pihaknya masih menunggu rencana pembangunan proyek strategis Penataan Kawasan Gurimdam 12. Menurut Misrbadi, khusus untuk fisik, proses lelangnya ditargetkan rampung pada Juni mendatang.

“Untuk proyek gurindam masih belum ada pengajuan lelang. Proyek tersebut memang satu dari 113 proyek strategis Pemprov Kepri tahun ini,” ujar Misbardi, Minggu (27/5).

Menurutnya, perkembangan proses pengadaan ini dilaporkan ke Gubernur lewat rapat evaluasi secara rutin setiap awal pekan. Pekan kemarin, pihaknya sudah merampungkan lelang 14 paket kegiatan. Secara keseluruhan Unit Layanan Pengadaan (ULP) sudah merampungkan 169 paket dengan nilai Rp 401 miliar.

“Kita akan terus gesa proses lelang. Khusus untuk proyek fisik, karena berkaitan dengan waktu kita targetkan rampung pada semester satu ini,” tegas Misbardi.

Meminimalisir kesalahan pada proses lelang, pihaknya sudah meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Kepri untuk berkosultasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D).

“Jika belum ada rekomendasi dari kedua lembaga tersebut, proses lelang akan ditunda. Hal ini adalah untuk memimalisir terjadi persoalan hukum saat pembangunan,” paparnya.

Ditambahkannya, dalam proses lelang juga ada kendala-kendala yang terjadi. Misalnya dalam penawaran tidak sesuai dengan mekanisme yang ditetapkan, maka bisa menyebabkan gagal lelang. Sehingga akan diulang kembali. Salah satunya adalah proyek penataan pintu masuk Pulau Dompak senilai Rp 5,2 miliar.

“Khusus untuk proyek tersebut sudah dua kali lelang. Lelang pertama gagal, karena penawaran dari peserta lelang tidak signifikan,” tutup Misrbardi. (jpg)

Update