Kamis, 18 April 2024

Teliti Potensi Wisata Geopark

Berita Terkait

Wakil bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti saat menerima kunjungan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral Kementerian ESDM, Senin (28/5). F. Aulia Rahman/batampos.co.id 

batampos.co.id – Mendukung rencana program pengem­bangan pariwisata daerah, pe­merintah Natuna melirik wisata geopark yang diduga terdapat di Natuna.

Penyelidik Bumi Utama Pusat Air Tanah dan Geologi Rata Lingkungan Badan Geologi Kementerian ESDM, Oki Oktariadi mengatakan, pihaknya berencana melakukan riset, penelitian dan nantinya akan dilaporkan sebagai rencana pengembangan geopark seperti gunung, batu, dan laut di wilayah Natuna.

Konsep wisata geopark katanya, adalah mengembangkan kawasan yang didalamnya tersebar keragaman geologi, diantaranya bermakna warisan geologi yang terdapat berdekatan dengan wilayah terbangun dan dikelola dengan mengintegrasikan prinsip konservasi dan tata ruang.

Pada 2018 sebagaimana yang terdaftar dalam Geopark Global Unesco, terdapat delapan geopark di seluruh dunia, empat diantaranya berada di Asia Tenggara, yaitu dua di Indonesia dan sisanya berada di Thailand dan Vietnam. ”Natuna dapat menjadi bagian dari wisata geopark di dunia. Kami akan melakukan riset dan penelitian di Natuna,” ujar Oktariadi dikantor Bupati Natuna, Senin (28/7).

Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti mengatakan, rencana penelitian ini mendukung rencana Kabupaten Natuna mengembangkan sektor pariwisata. Apalagi Natuna tengah membenahi fasilitas dan infrastruktur pendukung di beberapa destinasi pariwisata. Karakter destinasi wisata di Natuna lebih bersifat geowisata dengan kondisi alam yang masih sangat alami.

“Namun untuk menciptakan sektor pariwisata yang produktif, sangat dibutuhkan campur tangan pemerintah pusat terutama mengingat keterbatasan anggaran dan kemampuan sumber daya manusia,” kata Ngesti saat menerima kunjungan dari Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral Kementerian ESDM, di ruang kerjanya.

Menurut Ngesti, program kerja Badan Geologi Kementerian ESDM yang berencana untuk melakukan penelitian dan pengembangan geopark merupakan salah satu peluang Natuna mendukung pengembangan sektor pariwisata daerah. “Pemerintah daerah sangat mendukung penelitian dan riset ini dengan harapan kajian dan pertimbangan yang akan disampaikan kepada pihak Kementerian ESDM,” ungkap Ngesti.(arn)

Update