Jumat, 19 April 2024

Kemenkumham Bangun Rusun Untuk Pegawai Menengah Kebawah

Berita Terkait

Dirjen Imigrasi Ronny Franky Sompie melakukan peninjauan kantor Pelayanan Imigrasi Batam di Mall Pelayanan Publik Batamcenter, Rabu (30/5). f Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) RI menyiapkan rumah susun (Rusun) untuk pegawainya di Provinsi Kepri. Rusun tiga lantai dengan 47 jumlah kamar ini dibangun di Kawasan Batubesar, Nongsa atau dekat dengan Bandara Hang Nadim Batam.

Dirjen Imigrasi Kemenkumham RI, Irjen Pol Ronny Franky Sompie mengatakan Rusun itu dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) setelah mendapat lahan dari Badan Pengusahaan (BP) Batam. Disinggung mengenai anggaran, Ronny mengaku tak tahu pasti. Namun menurutnya, dana dialoasikan lewat APBN yang peruntukan untuk pembangunan hunian pegawai rendah, TNI dan Polri.

“Anggarannya diperuntukan bagi pembangunan hunian masyarakat ekonomi rendah, pegawai, TNI-Polri, ASN. Jadi kita minta dibantu ,” ujar Ronny saat meninjau pelayanan imigrasi Batam, di Mal Pelayanan Publik (MPP), Batamcenter, Rabu (30/5).

Menurut Ronny, pembangunan rusun di Batam merupakan yang kedua setelah Denpasar, Bali. Bahkan kedepannya, ia berharap tahun depan Kemenkumham juga bisa membangun rusun untuk pegawai.

“Mudah-mudahan tahun depan, kami harap bantuan dana dan lahan lagi untuk menambah hunian pegawai imigrasi yang kesulitan akomodasi. Itu solusi,” harapnya.

Masih kata Ronny, sewa rusun itu nant Kanwil Kemenkumham Kepri. Hanya saja ditekankan jika Rusun dimaksudkan untuk membantu pegawai yang terkendala dalam melakukan pekerjaan, karena terkendala kediamannya.

“Soal sewanya seperti apa, dari Kanwil Kepri yang akan mengatur. Kita utamakan, yang operasionalnya sangat kuat dilapangan, sehingga mereka sangat terbantu,” jelas Ronny. (she)

Update