Kamis, 28 Maret 2024

Petugas Ditatar Metode Penghitungan Suara

Berita Terkait

Robby Patria. F.Yusnadi/batampos.co.id

batampos.co.id – Kesuksesan penyelenggaran Pemilihan Kepala Daerah Tanjungpinang 2018 tidak hanya berada di pundak para komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), tetapi juga kepada seluruh petugas hingga ke panitia pemungutan suara.

Untuk itu, KPU merasa perlu dilaksanakan bimbingan teknis secara khusus tentang pemungutan dan penghitungan suara kepada petugas di tingkat kecamatan hingga ke panitia di TPS.

”Karena jika PPK dan PPS tidak memahami mekanisme pemungutan dan penghitungan suara, tentu akan menjadi masalah serius nanti,” ujar Ketua KPU Tanjungpinang Robby Patria, kemarin.

Setelah PPK dan PPS mengikuti bimbingan tersebut, maka PPS akan melakukan hal yang sama kepada seluruh petugas KPPS secara berjenjang di tiap kelurahan. PPS akan membuktikan KPPS yang bertugas di TPS agar mereka memahami sebaik-baiknya bagaimana mekanisme pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

”KPU juga membekali dengan buku panduan untuk tujuh orang anggota KPPS. Diharapkan dengan buku panduan tersebut mereka bisa mempelajari untuk kegiatan di hari pelaksanaan pemungutan suara pada 27 Juni nanti,” ujarnya.

Karena berdasarkan pengalaman, sambung Robby, buku panduan tersebut menjadi pegangan jika terjadi masalah di TPS yang harus diselesaikan anggota KPPS.
”Kami juga telah meminta seluruh anggota KPPS nanti membaca dengan seksama buku panduan itu. Karena isinya juga sama dengan PKPU,” katanya.

Berdasarkan pengalaman Pemilu dan Pilkada sebelumnya, Robby mencatat, masih ada beberapa petugas yang terkadang salah memasukkan jumlah penghitungan. Akibatnya, PPS dan PKK hingga KPU melakukan perbaikan kembali. (aya)

Update