Jumat, 29 Maret 2024

SHUN Jadi Faktor Penerimaan Siswa Baru

Berita Terkait

Dadang AG. F. Yusnadi/batampos.co.id

batampos.co.id – Kepala Dinas Pendidikan Tanjungpinang Dadang AG menegaskan, Surat Hasil Ujian Nasional (SHUN) siswa menjadi faktor yang dipertimbangkan dalam proses pendaftaran dan penerimaan siswa baru.

“Iya, SHUN itu juga jadi patokan. Jadi, setelah dilihat rayonisasinya, baru diseleksi berdasarkan SHUN siswa tersebut,” terang Dadang, kemarin.

Hal ini, berlaku di semua jenjang. Dari SD ke SMP maupun SMP ke SMA. Hanya saja karena sekarang ranah pemerintah kota hanya mengurus sampai ke tingkat SMP.

Dadang menjelaskan, SHUN dari tingkat SD juga tetap menjadi perhatian setelah zonasi dalam penerimaan siswa baru di jenjang SMP.

Proses seleksi diberlakukan lantaran mengingat daya tampung sebuah sekolah. Namun, sambung Dadang, jika daya tampung suatu sekolah tersebut mencukupi, proses seleksi jadi bukan suatu masalah. “Tetapi kalau misalnya suatu sekolah daya tampungnya 200, tapi yang daftar 250, maka harus ditinjau dulu rayonisasinya dan kemudian nilai UN-nya,” terangnya.

Agar tidak jadi pelanggaran atau kesalahan dalam penerimaan peserta didik baru, Dadang menegaskan, Dinas Pendidikan Tanjungpinang akan melakukan pengawasan secara intensif di semua sekolah negeri.

Hanya saja, berdasarkan perhitungan terakhir, Dadang menyebutkan, bahwa daya tampung SMP di Tanjungpinang secara umum masih aman. “Tentu itu dengan catatan tidak ada orangtua yang memaksakan anaknya bersekolah di sekolah tertentu. Karena kami juga menghitung daya tampung sekolah swasta. Kalau semuanya merata, daya tampung tidak ada masalah,” ujar Dadang.(aya)

Update