Selasa, 16 April 2024

Hujan Warnai Batam pada Awal Juni

Berita Terkait

Hujan di Batam. | putut ariyotejo / batampos

batampos.co.id – Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat melanda sebagian besar wilayah Batam pada Sabtu (2/6/2018).

Kondisi ini bahkan sudah terjadi sejak pukul 04.30 WIB dimana kawasan Kecamatan Batu Ampar, Sekupang, Lubuk Baja, Batam Kota, Batu Aji, Bengkong dan sekitarnya mengalami hujan angin disertai petir.

Prakirawan Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Klas I Hang Nadim Batam, Nizam Mawardi mengatakan terbentuknya belokan angin di wilayah Kepulauan Riau (Kepri) menyebabkan terjadinya perlambatan kecepatan angin di sekitar wilayah Kepri sehingga memupuk massa udara yang mendukung proses pertumbuhan awan-awan konvektif.

“Prakiraan kelembapan udara yang tinggi di lapisan atas semakin mendukung proses pertumbuhan awan-awan,” kata Nizam.

Secara umum kondisi cuaca diperkirakan berawan serta berpotensi terjadi hujan lokal dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai dengan petir.

Sementara itu untuk kabupaten/kota lain di wilayah Kepri umumnya akan dilanda hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada siang harinya. Untuk wilayah Kabupaten Lingga, Natuna dan Anambas hujan diperkirakan terjadi sejak pagi hingga siang hari.

Namun demikian, Nizam menjelaskan bahwa kondisi ini masih kondusif untuk aktivitas kelautan, transportasi darat, laut, maupun udara. Ketinggian gelombang sendiri hanya berada di ketinggian maksimal satu meter.

(bbi/JPC)

Update