Kamis, 28 Maret 2024

Maling Garong Kabel Lampumerah, Persimpangan Semrawut

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Kabel tembaga lampumerah di Simpang Jalan Tengku Umar, Pelita atau tepatnya dekat STIE ibnu Sina dicuri. Akibatnya, lampu lampumerah di persimpangan itu tak berfungsi hampir dua minggu.

Sejumlah pengendara harus berhati-hati melewati jalur tersebut jika tak ingin kecelakaan. Sebab, hampir dua pekan, lampumerah di kawasan tersebut padam dan tak berfungsi. Akibatnya, persimpangan jalan itu kerap macet dan semrawut.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Yusfa Hendri membenarkan lampumerah di jalur tersebut tak berfungsi. Hal itu dikarenakan kabel tembaga untuk lampumerah sepanjang 250 meter dicuri.

“Adanya pencurian kabel tembaga trafficlight oleh oknum tak bertanggungjawab. Panjangnya 250 meter,” ujar Yusfa kepada Batam Pos.

Saat ini pihaknya tengah mengerjakan perbaikan lampumerah dengan kembali memasang kabel tembaga dengan yang baru. Kabel tembaga itu akan dipasang lebih dalam lagi untuk menghindari kembali terjadinya pencurian. Menurutnya, kabel tembaga itu sempat timbul usai adanya perbaikan jalan.

“Mudah-mudahan Senin depan sudah kembali menyala. Kami juga akan mengali dan memasang kabel itu lebih dalam lagi,” jelasnya.

Disisi lain, Yusfa berharap masyarakat bisa lebih menjaga dan mengawasi fasilitas umum demi kepentingan bersama. Karena belakangan sering terjadi pencurian kabel oleh oknum tak bertanggungjawab, termasuk kabel penerangan jalan umum (JPU).

“Kami minta bantuan pengawasan dari masyarakat juga. Jika ada hal yang mencurigakan seperti pembongkaran kabel di malam hari, hendaknya melaporkan hal tersebut. Hal ini demi kenyamanan bersama,” pungkas Yusfa. (she)

Update