Jumat, 19 April 2024

Telaga Punggur Persiapkan Tambahan Personil dan Armada

Berita Terkait

Calon penumpang membeli tiket kapal
F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Kepala Syahbandar Pelabuhan Telaga Punggur, Komaruddin mengatakan, persiapan mudik untuk ASDP Telaga Punggur sudah dipersiapkan dengan matang. Mulai dari penambahan jumlah armada dan personil keamanan, di saat lonjakan penumpang terjadi.

“Untuk sementara ini kondisinya masih normal-normal saja, diperkirakan H-5 baru terjadi lonjakan penumpang,” ujarnya, Jumat (1/6).

Ia memaparkan, dalam kondisi normal jumlah penumpang berkisar seribuan. Namun saat terjadi lonjakan, bisa mencapai lima ribuan penumpang. Menurutnya, dengan jumlah libur ASN yang diperpanjang hingga 10 hari, membuat aktivitas keberangkatan bisa meningkat dari tahun sebelumnya.

“Prediksi kami, H-5 sampai H+5 Lebaran itu terjadi peningkatan jumlah penumpang,” sebut Komaruddin.

Untuk persiapan yang dilakukan, dari segi armada masing-masing perusahaan kapal hampir keseluruhan menyediakan unit tambahan. Diantaranya, kapal Ocean yang normalnya ada sembilan armada disiapkan tambahan tiga armada, Marina normalnya enam armada menyiapkan tambahan tiga armada, feri tujuan Dabo normal satu armada menyiapkan penambahan dua armada, dan speed boat tujuan Moro normal satu armada menyiapkan penambahan satu armada lagi.

“Yang tujuan Tanjunguban memakai speed boat yang tetap 15 armada, begitu juga Moro dengan satu armada,” jelasnya.

Sementara untuk personil keamanan, juga disediakan penambahan yang melibatkan personil dari Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Sekupang, serta dari BP Batam. (nji)

Update