Jumat, 29 Maret 2024

Inggris Tertarik pada Batam

Berita Terkait

ki-ka: Mr. Moazzam Malik, Dwianto Eko Winaryo dan Kris Wiluan

batampos.co.id – Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Mr. Moazzam Malik mengunjungi Badan Pengusahaan (BP) Batam pada Rabu (30/5) pagi bersama rekan industri, Founder Citramas Group, Kris Wiluan dan Director Roadgrip, Raoul Pasaribu, bertempat di Marketing Centre BP Batam.

Kunjungan ini merupakan kunjungan pertama dalam 3 tahun kedudukannya di Indonesia. Mr. Malik menyampaikan bahwa tujuan dari kunjungannya kali ini adalah untuk bersilaturahmi sekaligus berdiskusi lebih lanjut dengan BP Batam terkait kerjasama yang bisa direncanakan antara negara Indonesia dan Inggris.

Mr. Malik dan rombongan disambut langsung oleh Anggota 3/Bidang Pengusahaan Sarana Usaha, Dwianto Eko Winaryo. Dalam kesempatan tersebut, Deputi yang akrab disapa Eko tersebut memaparkan beberapa presentasi terkait perkembangan kota Batam diantaranya, Nongsa Digital Park (NDP), nilai investasi proyek yang akan datang, alasan mengapa harus berinvestasi di Batam, dan rencana kerjasama bidang infrastruktur antara Indonesia dan Inggris.

Disampaikan Eko saat memberikan pemaparannya, bahwa besar harapannya agar perusahaan dari Inggris, terutama yang memiliki kantor cabang di Singapura, dapat bekerjasama untuk pembangunan infrastruktur di kota Batam.

“Batam, dengan kelebihannya sebagai pulau berlokasi strategis, menawarkan kemudahan bagi investor asing untuk berinvestasi. Selain itu BP Batam juga telah memberikan kemudahan layanan investasi bagi perusahaan asing.” Terang Eko.

Malik memahami bahwa kebutuhan akan pembangunan infrastruktur di kota Batam sangat besar. Namun hal itu juga harus dibarengi degan tenaga kerja profesional. Ia menjamin bahwa perusahaan di Britania Raya memiliki apa yang dibutuhkan Batam, baik untuk pembangunan bandara, pelabuhan, maupun area digital yang dapat membantu infrastruktur kota Batam secara optimal. Ia juga mengatakan bahwa penting bagi sumber daya manusia di Indonesia, khususnya Batam sebagai salah satu pintu gerbang internasional, untuk meningkatkan pendidikan Bahasa Inggris.

“Tentunya hal ini juga bisa kita rencanakan kerjasamanya dengan menggaet partner lokal, baik itu lembaga pendidikan atau sertifikasi di Batam, agar mampu meningkatkan kualitas SDM melalui pendidikan Bahasa Inggris di tingkat yang lebih baik lagi.” Jelas Malik.

Sebagai tindak lanjut dari hasil pertemuan Malik dengan BP Batam, ia mengatakan bahwa selesainya perayaan Idul Fitri bulan Juni mendatang akan dilaksanakan pertemuan di Jakarta bersama perusahaan-perusahaan Inggris sebagai penetrasi awal, dengan harapan Indonesia dapat berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan tersebut. Malik juga menambahkan bahwa akan dijadwalkan kunjungan perusahaan-perusahaan tersebut ke Batam setelah pertemuan di Jakarta usai dilaksanakan.

Seluruh masukan dalam diskusi kali ini diterima dengan baik oleh BP Batam sebagai rekomendasi dan masukan yang akan dirumuskan dalam melangkah kedepan, baik di tingkat lokal, provinsi maupun pusat. (*)

Update