Jumat, 29 Maret 2024

Arus Mudik Belum Terlihat di Pelabuhan Batamcenter

Berita Terkait

Deretan mobil terparkir diarea parkir Pelabuhan Batamcenter saat akan menunggu jemputan. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Suasana akhir pekan di Pelabuhan Ferry Internasional Batamcenter masih ramai meski bulan puasa. Diduga banyak warga negara Singapura dan Malaysia yang berbelanja ke Batam untuk memenuhi kebutuhan lebaran.

Ratusan orang memadati area keberangkatan Pelabuhan Internasional tersebut, rata-rata mereka yang hendak berangkat membawa koper dan tas berukuran besar. Diduga, barang-barang tersebut merupakan hasil belanja untuk persiapan lebaran nanti.

General manager Pelabuhan Ferry Internasional Batamcenter, Nika Astaga mengatakan jumlah penumpang bisa dikatakan padat dibanding hari biasa. Apalagi untuk keberangkatan kemarin yang mana banyak warga Singapura kembali pulang setelah berliburan dan berbelanja di Batam.

“Ramainya seperti akhir pekan biasa. Cuma sekarang mereka lebih banyak berbelanja, kemungkinan untuk persiapan lebaran. Apalagi barang-barang disini lebih murah dibandingkan negara mereka,” ujar Nika, kemarin.

Peningkatan penumpang tidak berpengaruh terhadap pengamanan pelabuhan. Karena itu, pengamanan yang dilakukan seperti akhir pekan biasa, karena lonjakan penumpang tidak terlalu ramai.

“Kita tetap siagakan petugas keamanan. Jumlah penumpang diperkirakan diatas 10 ribu orang,” imbuhnya.

Disinggung mengenai arus mudik, menurut Nika lonjakan diduga akan terjadi seminggu jelang lebaran. Nah saat itu, pihaknya akan menambah petugas keamanan karena memang akan terjadi lonjakan penumpang. Terutama untuk tenaga kerja indonesia (TKI) yang akan pulang untuk berlebaran.

“Seminggu jelang lebaran biasanya sudah ramai oleh TKI-TKI dari Malaysia dan Singapura yang ingin pulang kampung,” pungkasnya. (she)

Update