Sabtu, 20 April 2024

KTP Dukungan DPD Mulai Diverifikasi

Berita Terkait

Robby Patria. F.Yusnadi/batampos.co.id

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang mulai melakukan proses verifikasi faktual dukungan calon perseorangan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) wilayah Provinsi Kepri khususnya dukungan dari Tanjungpinang, Minggu (3/6).

Kegiatan ini penting dilakukan guna memastikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang merupakan syarat penting dan harus dilampirkan benar-benar sesuai dengan fakta di lapangan. Proses verifikasi tersebut dijadwalkan selama 10 hari dengan mencari 527 sampel yang berasal dari 15 calon DPD yang sudah mendaftar di KPU Provinsi Kepri belum lama ini.

Ketua KPU Tanjungpinang Robby Patria yang turun langsung melakukan verifikasi bersama dengan seluruh komisioner Tanjungpinang mengatakan, paling tidak dalam proses ini KPU Tanjungpinang hanya mencocokkan apakah benar warga memberikan dukungan kepada calon DPD tersebut.

Jika tidak benar memberikan dukungan, maka warga hanya membuat surat pernyataan bahwa tidak memberikan dukungan kepada calon. Dengan demikian, jumlah dukungan calon DPD jadi berkurang.

”Tapi kalau warga memang mendukung, mereka hanya membubuhkan tandatangan di atas form yang sudah disiapkan oleh KPU,” kata Robby. Dari data yang diperoleh KPU Tanjungpinang, Syahrial dan Darma Setiawan termasuk yang paling banyak di Tanjungpinang yang harus diverifikasi faktual dukungannya. (aya)

Update