Jumat, 29 Maret 2024

Lebaran, UGD RSUD Batam Buka, Poli Umum Tutup

Berita Terkait

Pasien RSUD Embung Fatimah, Batuaji antre meninggu obat di depan apotek
F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Selama cuti bersama dari 11 Juni hingga 20 Juni mendatang, sejumlah layanan tutup. Namun demikian layanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah difokuskan di Unit Gawat Darurat sebelum ditangani lebih lanjut ke unit-unit lain, sementara layanan di poli umum / rawat jalan tutup.

“Layanan kesehatan tetap jalan, berlangsung di UGD. Kami terapkan sampaikan tiga shift,” ucap Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah, Ani Dewiyana.

Ia mengatakan, termasuk layanan operasi. Namun demikian, operasi sebatas operasi dalam keadaan darurat dan membutuhkan tindakan yang segera oleh dokter dan tenaga medis lainnya atau yang dikenal istilah operasi cito.

‘Kalau operasi yang bisa ditunda, kita jadwalkan lagi,” imbuhnya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP SDM) Sahir mengataka, layanan kesehatan tidak bisa tutup total. Karena layanan ini bersifat penting, dan sewaktu-waktu harus ada jika diperlukan.

“Kadang waktu lebaran banyak yang butuh layanan ini,” ucapnya.

Ia mengatakan, selain layanan kesehatan di RSUD, layanan di Puskesmas juga tetap dibuka. Tak hanya itu, pemadam kebakaran akan disiagakan, pengamanan kantor pemerintahan dan kediaman pimpinan daerah juga akan dijaga oleh Satpol PP Batam.

“Yang jag di kecamatan ada, cuma layanannya tutup,” kata dia.

Selain itu, seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kota Batam Gustian Riau mengatakan, seluruh layanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Batam tutup selama cuti berlangsung.

“Tidak ada satupun yang buka,” kata dia.

Soal layanan apakah tetap dibuka oleh masing-masing instansi di kantor utama lembaga terkait (bukan di MPP), ia mengatakan dikemablikan ke lembaga masing-masing. Namun yang dipastikan tidak ada layanan di MPP selama cuti berlangsung. “Begitu libur, layanan diberhentikan dulu,” ucap dia.

Ia mengimbau, kepada masyakarat yang ingin mengurus agar segera memeanfatakan waktu sebelum cuti bersama berlangsung. Dalam kesempatan seblum libur tersebut, pihaknya akan memberikan layanan yang lebih maksimal.

“Kami akan layani sebelum libur itu,” katanya. (iza)

9 sampai 20.

Update