foto: beacukai

batampos.co.id – Menjelang masuknya hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, Kantor Bea dan Cukai Tipe Batam memperketat pengawasan di seluruh wilayah Batam. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi meningkatnya aksi penyelundupan barang maupun penyelundupan narkoba di bandara maupun di pelabuhan.

Kepala Bidang (Kabid) Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi KPU Bea Cukai Batam, Raden Evy mengatakan, penyelundupan barang yang tidak boleh keluar maupun barabg-barang seperti narkoba biasanya meningkat menjelang masuknya hari besar. Hal ini disebabkan karena para penyelundup memanfaatkan padatnya penumpang yang hendak mudik.

“Jadi, Bea Cukai Batam dalam mengantisipasi arus mudik, kami meningkatkan pengawasan dan menyiapkan petugas dalam berjaga di setiap pintu masuk ke Batam,” kata Evy.

Dijelaskan Evy, dalam memasuki musim mudik nanti, pihaknya juga memberikan pelayanan tambahan kepada masyarakat. Bahkan, menurut dia Kepala Kantor Bea Cukai Batam juga telah melakukan pemantauan di lapangan untuk melakukan pengecekan secara langsung terhadap anggotanya yang bertugas.

“Bahkan, dalam menghadapi musim mudik kami juga menambgah tiga unit x-ray di Bandara Internasional Hang Nadim. Personel juga kita tambah jumlahnya,” tuturnya.

Selain personel di setiap pintu masuk, Bea Cukai juga menyiagakan dua ekor anjing pelacak. Dua ekor anjing pelacak itu disiagakan di bandara Hang Nadim Batam serta di pelabuhan Batamcenter.

“Itu untuk di darat. Sementara untuk di laut, kita masih ada operasi Jaring Sriwijaya yang dibantu dengan DJBC Khusus Kepri. Pastinya jelang lebaran ini kita siagakan di darat maupun di laut,” imbuhnya. (gie)

Yuk Baca