Jumat, 29 Maret 2024

BNN Tes Urine, Pilot Bersih, Tiga Anak Buah Kapal Positif Narkoba

Berita Terkait

Petugas Badan Narkotika Nasional Provinsi Kepri melakukan tes urine pilot dan pramugari di Bandara Hang Nadim Batam, rabu (6/6). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepri menggelar tes urine di sejumlah pelabuhan dan Bandara Hang Nadim, Batam, Rabu (6/6). Hasilnya, ditemukan tiga anak buah kapal (ABK) yang positif mengonsumsi narkoba.

Kepala BNNP Kepri Richard Nainggolan mengatakan, ketiga ABK yang positif narkoba itu dua di antaranya terindikasi menggunakan sabu. Sementara satu ABK lainnya pengguna ekstasi.

“Kami juga memeriksa pilot serta kru maskapai Citilink, Wings, dan Lion. Mereka semua bersih,” ucapnya.

Richard menjelaskan, tes urine untuk pilot, nakhoda, dan para kru pesawat dan kapal ini akan dilakukan secara berkelanjutan. Tujuannya untuk memberikan rasa nyaman dan menjamin keselamatan masyarakat yang menggunakan moda transportasi udara dan laut.

Sementara Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi mengatakan, tes urine ini dilakukan sebagai salah satu persiapan menghadapi arus mudik Lebaran 2018. Tes ini untuk memastikan mereka yang bersentuhan langsung dengan keamanan calon pemudik.

“Jangan sampai mereka yang pengguna ini membahayakan penumpang kapal nanti,” kata Didid usai meninjau persiapan arus mudik di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) Batam, Rabu (6/6).

Didid menyebutkan ketiga ABK ini terbukti mengonsumsi sabu dan ekstasi harus diganti dengan ABK yang lainnya. “Tes ini tidak saja untuk angkutan laut. Hal ini juga dilakukan di bandara,” katanya.

Selain meninjau kegiatan tes urin, Kapolda Kepri bersama Gubernur Kepri Nurdin Basirun dan Wali Kota Batam Muhammad Rudi juga mengecek kesiapan alat keselamatan penumpang di pelabuhan.

Sedangkan Kepala Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Batam, Barnet, mengatakan seluruh kapal sudah dilengkapi dengan alat keselamatan yang memadai seperti jaket pelampung. “Semua sudah oke. Seluruh kapal dalam keadaan siap dalam melayani penumpang mudik nanti,” ungkapnya.

Kepala Bidang DPC INSA Batam, Asmadi menambahkan ribuan penumpang diperkirakan akan mudik tahun ini melalui PDS. Arus mudik diperkirakan terjadi mulai tanggal 9 juni ini. “Puncaknya tanggal 12 Juni untuk mudik angkutan laut ini,” tuturnya. (yui/ska)

Update