Kamis, 28 Maret 2024

Lebaran, Satgas Kebersihan Batam Tetap Bekerja

Berita Terkait

Petugas kebersihan mengangkut sampah
F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Satuan Tugas (Satgas) kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam tetap bekerja disaat lebaran guna menjaga keindahan dan kenyamanan Kota Batam selama perayaan Idul Fitri. Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan DLH, Faisal mengatakan keindahan dan kenyamanan kota sangat tergantung oleh satgas kebersihan. Oleh sebab itulah itu mereka tetap bekerja.

“Satgas kebersihan non muslim tetap masuk. Sementara bagi yang muslim, kami berikan libur sehari,” kata Faisal.

Selanjutnya, pada tanggal 16 Juni atau lebaran kedua semua satgas kebersihan sudah kembali bekerja seperti biasa. Jam kerja satgas pun juga tidak berubah. Masuk sekitar pukul 06.00 WIB dan selesai bekerja pukul 15.00 WIB. Untuk pembagian tugas akan dibagi dalam beberapa shift. Ada yang bertugas sejak malam takbiran mulai dari Palm Spring sampai ke Masjid Raya Batamcenter.

“Satgas pembersihan jalan akan kita turunkan kurang lebih di lokasi start 10 orang dan di lokasi finish 10 orang,” katanya.

Shift lainnya adalah 20 orang satgas kebersihan akan dipersiapkan membersihkan lokasi alun-alun Engku Puteri yang menjadi lokasi sholat Idulfitri. Sistem seperti ini disiapkan agar mengatur pola kerja petugas kebersihan sehingga bisa bergantian mengangkut sampah di Kota Batam.

“Artinya sampah tetap kita angkut, sehingga kita harapkan tak terjadi penumpukan,” imbuhnya.

Faisal menambahkan, sementara itu pada lebaran ketiga yang jatuhnya di hari Minggu, satgas fajar untuk DLh tetap bekerja.

“Di hari minggu itu kisaran 15 sampai 20 armada pengakut sampah yang bekerja. Kalau hari biasanya 120 armada,” jelasnya. (rng)

Update