Sabtu, 20 April 2024

Dishub Cek Kelaikan Angkutan Lebaran

Berita Terkait

Penumpang bus Trans Batam turun di halte simpang Bascamp, Sagulung
F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam melakukan pengecekan kelaikan kendaraaan (ramp check) armada bus pariwisata yang ada di transfer point Indofast, Baloi, Kamis (7/6/2018).

Kepala Dishub Batam, Yusfa Hendri mengatakan sesuai dengan edaran Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengenai pengecekan angkutan lebaran antar kota antar provinsi daerah wajib melakukan pengecekan kelaikan.

“Karena kita tak ada angkutan dengan tujuan tersebut, maka kami melakukan pengecekan sejumlah bus yang biasa melayani wisatawan dan bus trans Batam,” kata Yusfa usai menempel stiker kelaiakan kendaraan.

Ia menyebutkan sedikitnya ada 73 bus dan angkutan jenis lainnya yang ada di Indofast dan 70 bus armada milik trans Batam yang sudah dicek kelaiakannya.

Beberapa hal yang dicek diantaranya, lampu, rem, wiper, alat pemadam kebakaran ringan, segitiga pengaman dan alat pemecah kaca.

“Dari yang kami cek semua laiak. Kendaraan yang sudah dicek dan memenuhi ditempelkan stiker laiak jalan,” ujar pria yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pariwisata Batam ini.

Selain itu, operasi yang digelar bersama Satlantas Polresta Barelang juga mengecek kelengkapan armada seperti masa berlaku STNK hingga SIM.

“Tadi total ada 15 personil yang turun dalam pengecekan ini,” imbuhnya.

Ia mengimbau kepada pemilik armada ini untuk melakukan pengecekan berkala atau uji kir. Agar bisa menciptakan kenyamanan kepada mereka yang menggunakan armada tersebut.

“Ini penting, kalau ramp check kan saat mudik lebaran, natal dan tahun baru atau momen besar saja. Sedangkan kir itu wajib agar armada laiak jalan,” tutup Yusfa. (yui)

Update