Rabu, 24 April 2024

Dinkes Bantu Tangani Pemudik

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam akan bersiaga di beberapa pos mudik yang tersebar dari pelabuhan hingga badara selama arus mudik terjadi.

“Ia sama dengan tahun sebelumnya, kami membantu pemudik untuk urusan kesehatan sebelum berangkat,” kata Kepala Dinkes Batam, Didi Kusmardjadi, Jumat (8/6).

Didi menyebutkan setiap pos akan disiagakan tiga orang tenaga medis. Mereka nanti akan bertugas membantu pemudik jika terjadi masalah kesehatan.

“Mereka standby di posko mudik itu nantinya. Namun hingga kini kami masih menunggu informasi posko mana. Apakah sama dengan tahun lalu atau ada perubahan,” terang mantan Direktur RSUP Kepri ini.

Selain tenaga medis, pihaknya juga menyiapkan beberapa obat-obatan bagi pemudik yang membutuhkan. Ia mengimbau pemudik sebelum berangkat untuk bisa mengkonsumsi suplemen agar tubuh tetap sehat saat mudik.

“Nanti ada ambulance yang dilengkapi dengan fasilitas alat kesehatan seperti infus dan lainnya,” ujarnya.

Sementara itu Kasatker Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS), Suherman mengatakan untuk pemudik pihaknya memang mendapat bantuan dari tim medis baik yang sudah ada selama ini yakni Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) maupun dari Dinas Kesehatan Batam.

“Untuk berjaga-jaga, mana tau ada kesehatan pemudik yang menurun dan membutuhkan pengobatan sebelum berangkat,” ujarnya.

Selain tim medis, pihaknya juga mendapat bantuan dari anggota kepolisian. Ia berharap mudik bisa berjalan dengan baik lancar, aman dan kesehata pemudik juga tidak ada masalah.

“Yang penting mereka selamat berangkat hingga sampe tujuan,” tutupnya.

Humas KPLP Batam, Erik Mario mengungkapkan memasuki enam hari menjelang lebaran ini, peningkatan penumpang. Jumlah penumpang yang berangkat mencapai 2.380 sedangkan yang turun 1.431 penumpang.

“Grafik terus naik, besok (hari ini, red) mungkin puncaknya karena PNS sudah mulai cuti,” tutupnya.(yui)

Update