Selasa, 16 April 2024

Cek Dokumen dan Tes Urine Sopir Angkot

Berita Terkait

batampos.co.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Karimun bersama Satlantas Polres Karimun dan BNN Kabupaten Karimun menggelar pemeriksaan dokumen dan kelayakan terhadap kendaraan angkutan kota (angkot) di Bukit Tambak Meral, Sabtu (9/6).

Tidak hanya dokumen kelengkapan dan kelayakan angkot saja yang menjadi target pemeriksaan jelang hari raya Idul Fitri. Melalui BNN Kabupaten Karimun juga mengecek atau mengetes urine para sopir angkut. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan jaminan keselamatan kepada penumpang dan pengguna jalan raya.

”Apa yang kami lakukan ini merupakan kegiatan rutin. Kebetulan kali ini mendekati hari raya Idul Fitri. Sebab, angkot ini merupakan transportasi umum yang banyak digunakan masyarakat untuk bepergian seperti ke pasar ataupun pergi belanja membeli kebutuhan jelang hari raya. Agar tak terjadi hal yang tak diinginkan, kai menggelar pemeriksaan kelengkapan dokumen kendaraan maupun tes urine,” ujar Kadishub Karimun, Fajar Abidin.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga berharap agar sopir angkot dapat mengemudikan kendaraan angkotnya dengan hati-hati. ”Jangan karena ingin kejar setoran, jadinya mengesampingkan faktor keselamatan penumpang yang dibawanya,” terang Fajar.

Sementara Kasat Lantas Polres Karimun, AKP Teuku Fazrian Kenedy mengatakan, angkot yang digunakan untuk mengangkut penumpang, tentunya harus dalam keadaan baik dan semuanya berfungsi. Untuk hasil tes urine terhadap semua sopir angkot yang diperiksa, semuanya negatif atau tak didapati satu sopirpun mengkonsumsi zat adiktif.

Pada pemeriksaan dokumen terhadap angkot serta tes urine terhadap sopir angkot, tim juga menempelkan stiker tentang keselamatan berlalu lintas di jalan raya pada tiap-tiap kendaraan angkot. (san)

Update