Kamis, 18 April 2024

Perketat Pengawasan Antisipasi Penyelundupan Narkoba

Berita Terkait

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepri Brigjen Pol Richard Nainggolan

batampos.co.id – Banyaknya pintu masuk, seperti pelabuhan tikus yang tersebar di wilayah Batam, membuat narkoba dengan mudah masuk dan beredar di kota industri ini. Terutama, dengan masuknya libur hari besar agama dimanfaatkan oleh para penyelundup narkoba.

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepri Brigjen Pol Richard Nainggolan mengaku jika menjelang hari Raya Idul Fitri ini tren penyelundupan narkoba menurun dibandingkan beberapa bulan yang lalu saat awal masuk tahun 2018 dan mendekati tahun baru 2018.

“Walaupun angkanya menurun, namun tetap ada yang berupaya. Seperti yang kita tangkap saat awal puasa,” ujarnya.

Diakui Richrad, penyelundupan narkoba merupakan bisnis yang mempunyai sistem yang terstruktur. Jika penyelundup merasa kesulitan keluar dari bandara, maka mereka akan mencari jalur alternatif yang lain.

“Bukan tidak mungkin mereka sengaja menunggu samppai ada peluang membawa ke luar daerah. Seperti manfaatkan orang mudik yang berdesakan,” tuturnya.

Untuk mengantisipasi penyelundupan narkoba keluar Batam maupun masuk Batam, BNNP Kepri akan terus menekan jumlah peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba di Kepri melalui Program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di lingkungan Pemerintah, Instansi Publik, hingga ke seluruh lapisan masyarakat.

“Pengawasan ini tidak hanya kita lakukan di jalur resmi seperti di bandara atau pelabuhan. Pengawasan di jalur tikus juga akan kita tingkatkan,” tegasnya. (gie)

Update