Iklan
Warga memilih daging sapi di pasar murah di Sagulung, Senin (11/6). Harga daging sapi Rp 75.000 perkilogramnya. Daging sapi salah satu komoditi paling di incar oleh warga. F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Pasar murah yang di adakan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Pemko Batam diserbu warga Kecamatan Sagulung, Senin (11/6).

Pantauan Batam Pos, ratusan warga yang sebagian besarnya adalah ibu rumah tangga menyerbu pasar murah yang dilaksanakan di halaman sanggar belajar di samping gedung BLK, Sagulung sejak pukul 8.00 WIB. Umumnya mereka mengincar daging sapi dan komoditas sayur mayur yang dijual lebih murah dibandingkan di pasar tradisional.

“Lumayan murah selisih harga lima ribu sampai sepuluh ribulah dari harga pasar,” ujar Linda warga Sagulung.

Dia mengatakan di pasar tradisional harga daging sapi dijual Rp 88 ribu hingga Rp 90 ribu, namun di pasar murah harga tersebut dijual Rp 78 ribu per kilogram. Begitu juga untuk harga cabai merah hanya Rp 32 ribu perkilo lebih murah dari dipasar Rp 40 ribu perkilonya. Bawang merah jawa Rp 34 ribu perkilo di pasar murah hanya Rp 24 ribu perkilo.

“Pasar murah ini sedikit dapat membantu perekonomian kami,” katanya.

Kepala Bagian Perekonomian Setdako Batam, Zurniati mengaku, meski harga tak jauh berbeda dengan di pasar, namun panitia bazar pasar murah menjamin harga lebih murah. “Harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan harga yang ada di pasar,” ujar Zuniarti disela pasar murah.

Dia mengatakan pasar murah yang digelar di Kecamatan Sagulung merupakan yang terakhir menjelang lebaran idul fitri. Untuk tahap kedua ini, jenis barang yang dijual lebih beragam tergantung kebutuhan saat lebaran, seperti tepung, gula, minyak, telur ayam dan lainnya.

“Hari ini ada dua titik, di Sagulung dan Sekupang,” katanya.

Sementara, Sekda Kota Batam Jefridin mengatakan kelompok tani ikut berpartisipasi dalam pasar murah. Sehingga ada 21 item yang dijual di pasar murah tersebut, seperti daging sapi beku, daging kerbau beku, minyak, beras, bawang merah, bawang putih, cabai, kentang, sayuran, ketupat instan, susu, ikan, minuman dan lainnya.

“Ada banyak ragam kebutuhan yang dijual di pasar murah ini,” kata Jefridin belum lama ini. (une)

Advertisement
loading...