Calon penumpang antri saat akan naik kapal Pelni KM Kelud tujuan Batam-Belawan Medan.
F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Jadwal keberangkatan terakhir KM Kelud sebelum Idul fitri mengalami lonjakan penumpang yang drastis. Kepadatan penumpang telah memenuhi pelabuhan Batuampar sejak siang hari, Rabu (13/6).

Iklan

Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi yang turun langsung ke pelabuhan Batuampar mengatakan, dari keterangan yang didapatkan dari kepala Syahbandar Batam bahwa jumlah penumpang yang akan berangkat menuju pelabuhan Belawan mencapai 3.400 penumpang.

“Ketika saya cek langsung. Di sini (Pelabuhan Batuampar, red) secara otomatis dihitung secara langsung melalui barcode yang ada di tiket. Tadi itu jumlahnya sudah mencapai 800 orang,” kata Didit.

Dari hasil pengecekannya, Didid menilai bahwa pelayanan di Pelabuhan Batuampar cukup baik. Mulai dari penumpang masuk ke dalam pelabuhan hingga mereka masuk ke dalam kapal. Dan yang tidak kalah penting, Didid sangat menekankan kepada kapal untuk tidak mengangkut penumpang melebihi kapasitas.

“Kami selalu menjaga setiap penumpang yang hendak berangkat untuk menghindari adanya percaloan hingga penumpang liar yang akan masuk ke kapal,” tuturnya.

Ia berharap, kondisi aman dan tertib ini bisa berlangsung hingga nanti setelah lebaran.

“Semuanya kita harapkan dapat mudik dengan lancar dan kembali lagi ke sini untuk bekerja dan beraktivitas seperti semula,” imbuhnya. (gie)