batampos.co.id – Pawai takbir di kota Batam dimeriahkan 200 kendaraan hias. Kepala Bagian Humas Pemko Batam, Yudi Admaji memperkirakan ada ribuan warga Batam yang ikut meramaikan pawai tahunan tersebut.

Iklan

“Seperti tahun lalu, kita pawai mobil hias yang ikuti oleh seluruh dinas, kecamatan dan kelurahan,” ujar Yudi, Kamis (14/6).

Adapun rute yang akan dilewati yakni mulai dari Palm Spring Batam center- Jalan Layang Laluan Madani- Simpang Indomobil-Polsek Lubuk Baja- Jalan Raden Patah- Martabak Har- Harbou Bay- Seraya Atas – Simpang Kuda- Simpang Galael- Bundaran Tuah Madani- Masjid Agung Batamcenter.

“Jadi rutenya agak berbeda dengan tahun kemarin. Biasanya dilepas di Masjis Raya atau di Nagoya, tahun ini di depan Palm Spring sekalian mau perkenalkan ikon baru Kota Batam,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam Yusfa Hendri mengatakan pawai ini tidak diikuti oleh kendaraan roda dua. Dengan kata lain hanya diikuti oleh kendaraan roda empat atau lebih.

“Kami imbau roda dua tidak ikut dalam pawai takbir, selesai takbir pun untuk tidak dilakukan kegiatan ugal-ugalan,” kata Yusfa.

Sementara Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi menyatakan kesiapannya mengamankan pawai Idul Fitri serta pelaksanaan salat ied yang digelar di beberapa lapangan serta di 411 masjid se- Kota Batam.

“Se-kepri itu ada 1.676 personil yang kami turunkan. Di dalamnya terdapat 656 personil dari instansi lainnya,” kata Didid.

Senada dikatakan Kapolresta Barelang Kombes Pol Hengki mengatakan siap dan menjamin keamanan di Batam.

“Saat pawai, salat Ied maupun pusat-pusat perbelanjaan kita sia amankan,” ucapnya. Dia mengatakan Polresta Barelang menurunkan 600 personil. Itu untuk pengamanan masjid, 4 pos pengamanan, 3 pos pelayanan dan pusat-pusat perbelanajaan yang ada di Kota Batam.

“Pelaksanaan pawai takbiran juga personil polisis ditempatkan di beberapa titik,” tutupnya. (une)