Jumat, 29 Maret 2024

ASDP Punggur Menambah Jadwal Pelayaran Saat Arus Silaturahmi

Berita Terkait

Ratusan kendaraan antri saat akan melakukan penyebrangan antar pulau menggunakan kapal roro ASDP di Pelabuhan Punggur, Selasa (12/6).Menjelang Hari Idul Fitri arus mudik penumpang menggunakan kapal roro mengalami lonjakan. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – ASDP Ferry Indonesia Pelabuhan Telagapunggur akan menambah jadwal pelayaran, saat arus silaturahmi Batam ke Bintan di hari pertama Idul Fitri hingga H+7. Selain menambah jadwal, General Manager ASDP Ferry Indonesia Pelabuhan Telagapunggur, Anis Adinizam mengatakan juga akan menambah lamanya waktu pelayanan.

“Hari biasanya kami dari pukul 08.00 hingga 18.00. Tapi saat arus silaturahmi kami beroperasi lebih pagi (pukul 07.00) dan lebih lama hingga pukul 20.00,” katanya, Kamis (14/6).

Ia mengatakan berdasarkan pengalaman ASDP selama bertahun-tahun di Batam, arus silaturahmi baru terjadi di hari pertama serta kedua lebaran. Sedangkan diluar itu, arus mudik untuk ke luar provinsi.

“Kami sudah siap siap. Setelah arus mudik Batam ke Mengkapan (Riau) serta Batam ke Kualatungkal (Jambi), kami akan menghadapi lonjakan penumpang rute Batam ke Bintan,” ungkapnya.

Kondisi ini, menurut Anis sudah lazim setiap tahunnya. Masyarakat Batam banyak memiliki keluarga di Pulau Bintan. Sehingga setiap tahun, saat Idul Fitri sudah menjadi kelaziman masyarakat Batam untuk saling mengunjungi dan menyambung tali silaturahmi.

“Tahun lalu juga begitu. Jauh-jauh hari kapal yang melayani arus silaturahmi sudah kami siapkan. Para petugas juga telah diwanti-wanti untuk tidak mengambil cuti, agar dapat memberikan pelayan prima ke masyarakat,” ungkapnya.

Lonjakan penumpang Batam menuju ke Bintan ini melaui Pelabuhan Roro, menurut Anis tidak hanya karena alasan silaturahmi semata. Tapi juga disebabkan banyaknya objek wisata di Pulau Bintan. Sehingga masyarakat Batam setiap ada libur panjang, selalu beramai-ramai mengunjungi daerah Bintan.

“Wisata juga, silaturahmi juga,” tuturnya.

Anis mengatakan sejauh ini, tidak ada permasalahan. Cuaca saat arus mudik, kata Anis sangat bersahabat. Ombak tidak terlalu tinggi, sehingga Kapal Roro dapat berlayar dengan tenang. “Besok juga begitu, prediksi ombak itu 0,1 hingga 0,5 meter saja. Semoga kami bisa melalui arus mudik dan silaturahmi ini dengan lancar,” pungkasnya. (ska)

Update