Jumat, 26 April 2024

ASDP Tambah Dua Kapal Roro

Berita Terkait

Penumpang yang akan kembali ke Pulau Batam menumpuk di Pelabuhan ASDP Tanjunguban, Senin (18/6).F. Slamet Nofasusanto/batampos.co.id 

batampos.co.id – Pihak Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Batam menambah dua kapal roro untuk mengurai penumpukan kendaraan dan penumpang di Pelabuhan Tanjunguban.

Dua kapal yang diperbantukan, yakni KM Satria Pratama dan KM Senangin. “Ini untuk mengurai kepadatan arus balik di Pelabuhan ASDP Tanjunguban,” kata Astuni, Supervisi ASDP Tanjunguban, kemarin.

Kedua kapal ini, harusnya melayani penyeberangan Batam ke Buton dan sebaliknya. Namun Senin (18/6) diperbantukan untuk mengangkut pemudik di Pelabuhan ASDP Tanjunguban. Menurutnya, KM Satria Pratama memiliki kapasitas 45 unit mobil dan 100-an sepeda motor. “Meskipun ada penambahan dari empat menjadi enam kapal, pelayanan penyeberangan terakhir tetap sekitar pukul 21.00 WIB.”

Karena banyaknya penumpang, hingga pukul 09.00 WIB tiket penyebrangan sudah ludes. Padahal, hingga pukul 17.30 WIB ratusan kendaraan masih mengular sepanjang 1,5 kilometer. “Tidak ada penambahan jam kecuali darurat dan pihak Syahbandar memberikan izin,” ujarnya.

Karenanya, banyak kendaraan yang hendak menyeberang ke Batam tidak terangkut. “Yang di dalam box antrean saja 160 unit mobil. Mungkin sekitar 100 unit mobil tidak terangkut dan akan menginap di pelabuhan,” katanya.

Ia memprediksi kepadatan arus balik akan berlangsung sampai Minggu mendatang. Karena jumlah kendaraan Batam yang menyeberang ke Bintan dan kembali baru sebagian kecil. “Baru sekitar 10 sampai 20 persen saja yang kembali. Saya prediksi hampir 1.000 mobil yang menyeberang ke Pulau Bintan dari Batam,” tukasnya. (met)

Update