Jumat, 19 April 2024

Bilis Jadi Buah Tangan Favorit

Berita Terkait

Ati menyiapkan aneka ikan bilis di Pelantar II Tanjungpinang, belum lama ini. F. Yusnadi/batampos.co.id

batampos.co.id – Oleh-oleh menjadi barang wajib di setiap perjalanan. Termasuk pemudik yang berkunjung ke Tanjungpinang. Di Ibu Kota Provinsi Kepri ini, banyak ragam pilihan buah tangan bagi para pemudik. Namun, ikan teri menjadi salah satu komoditas yang paling digemari.

”Cari bilis nasi di mana-mana tak ada. Semua bilang belum masuk,” tutur seorang ibu rumah tangga, Amartina tengah mencari bilis di toko langganannya, kemarin.

Namun, Sinta, pemudik yang mencari bilis sebagai oleh-oleh untuk ia bawa ke Bogor mengaku mendapatkan bilis dengan jenis yang sama. ”Tapi memang udah tak banyak,” tutur Sinta.

Terpisah, salah seorang penjual ikan kering di kawasan pasar yang dikenal dengan sebutan Bu Hasan mengaku telah memiliki stok bilis dari jauh hari. Khusus bilis nasi yang stoknya mencapai 200 kilogram. Hal ini tidak lain dikarenakan selama musim Lebaran, hampir bisa dipastikan nelayan tidak pergi melaut. Sehingga kebutuhan bilis tidak dapat tersuplai serutin biasanya.

”Yang paling banyak dicari itu bilis nasi inilah. Sekarang udah tinggal satu karung itu saja,” ujarnya.

Teksturnya yang lebih halus dibandingkan dengan jenis bilis yang lainnya, juga ukurannya yang lebih kecil. Dirasa, menjadikan bilis nasi digemari banyak orang. Belum lagi rasa gurih yang juga lebih kuat di lidah. Tidak heran penjualan bilis nasi meningkat drastis, kala musim libur panjang datang. ”Stok banyak, 200 kilo aja sekarang sudah tinggal sedikit,” pungkasnya.(aya)

Update