Sabtu, 20 April 2024

Dua Rumah Rusak Parah, Empat Ringan

Berita Terkait

Atap rumah salah seorang warga lepas setelah dihantam angin puting beliung yang melanda Desa Ladan, Kecamatan Palmatak, Selasa (18/6). F. Syahid/batampos.co.id

batampos.co.id – Angin puting beliung merusak enam rumah di Tanjung IV, Desa Ladan, Kecamatan Palmatak, Selasa (18/6). Dua di antaranya rusak parah dan empat lainnya rusak ringan.

Kondisi paling parah yakni rumah milik keluarga Ronisah, guru di SMA N 1 Palmatak. Rumah di atas laut dengan pondasi beton tersebut terangkat dan terlepas dari tiang beton sehingga tenggelam.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kepulauan Anambas Ody Karyadi menjelaskan, tidak ada korban jiwa pada peristiwa ini. Karena pemilik rumah saat kejadian tidak ada di rumah. Meski tidak ada korban nyawa, tapi kerugian material mencapai ratusan juta rupiah.

Satu rumah yang rusak parah lainnya baru dalam proses pembangunan dan belum dihuni. ”Keluarga Ronisah, saat itu sedang dalam perjalanan menuju Siantan Tengah, jadi rumahnya sedang kosong,” ungkapnya.

Sesaat setelah kejadian pihaknya bersama tim SAR dan Bakesbangpol Kabupaten Kepulauan Anambas menuju lokasi sekaligus memberikan bantuan berupa sembako dan pakaian untuk keperluan korban.

”Setelah tahu kejadian ini, bupati langsung perintahkan kita ke lokasi untuk salurkan bantuan,” ungkapnya.

Mengenai bantuan lainnya pihaknya masih menunggu proses inventarisasi dari Bakesbangpol dan tim Sar untuk menghitung kerugian. ”Tim masih melakukan inventarisasi kerugian, mengenai bantuan diluar sembako dan pakaian sedang dipikirkan,” ungkapnya lagi.(sya)

Update