Pelabuhan bongkar muat di Pelabuhan Taman Bunga tanpa aktivitas, Selasa (19/6). F. Tri Haryono/Batam Pos

batampos.co.id – Pelabuhan bongkar muat barang di Pelabuhan Taman Bunga, Selasa (19/6) belum beropera­si. Padahal kapal barang sudah sandar di pelabuhan milik PT Pelindo I Cabang Tanjungbalai Karimun.

Iklan

Sementara pelabuhan penumpang yang bersebelahan dengan pelabuhan bongkar muat terlihat padat akan penumpang yang akan pulang ke berbagai daerah.

”Paling besok (hari ini, red) kita bongkar barang. Sekarang ma­sih liburlah, buruh maupun tu­kang lori,” kata Yanto salah seo­rang sopir lori, Selasa (19/6).

Ia mengatakan aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Taman Bunga diliburkan sejak sehari jelang Lebaran atau Kamis (14/6) lalu. Dengan demikian, masa libur bongkar muat telah berjalan 6 hari. ”Sepinya pelabuhan dimanfaatkan warga untuk duduk-duduk di tepi pelabuhan sore hingga malam hari. Kru kapal juga bisa turun,” ujarnya.

Aktivitas bongkar muat barang di Pelabuhan Parit Rampak ju­ga belum berjalan. Dirut BUP Ka­rimun M Syahrizal menga­takan, aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Parit Rampak a­kan kembali dibuka sepekan set­elah Lebaran. Tergantung pe­milik kapal maupun pemilik ba­rang.

”Biasanya, sih lepas Lebaran sekitar seminggu lah. Hingga saat ini belum ada informasi dari pemilik kapal maupun barang yang akan dibongkar di Pelabuhan Parit Rampak,” jelasnya. Sedangkan pelabuhan roro tetap beroperasi seperti biasa melayani para pemudik.(tri)