Kamis, 25 April 2024

Cuaca Jalur Laut Diperkirakan Aman

Berita Terkait

batampos.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ranai memperkirakan hingga pekan depan cuaca cukup mendukung untuk aktivitas arus balik Lebaran jalur laut.

Prakirawan BMKG Ranai Asrul Saparudin mengatakan, diperkirakan tidak terjadi cuaca buruk selama arus balik balik Lebaran hingga pekan depan. Sehingga pelayaran antarpulau cukup aman untuk kapal-kapal penumpang dan barang.

”Beberapa hari ke depan cuaca cukup bersahabat, kapal-kapal penumpang cukup aman berlayar,” kata Asrul, Selasa (19/6).

Secara umum kondisi awan rendah dan menengah masih cukup banyak pada siang dan sore hari, menyebabkan potensi hujan bersifat lokal dapat terjadi dalam intensitas ringan. Kecepatan angin bertiup dari Barat Daya 5–20 kilo meter per ja. Siang hari bertiup dari Selatan menuju Barat Daya dengan kecepatan 5–20 kilo meter per jam. Lalu pada malam hari bertiup dari Selatan menuju Barat Daya dengan kecepatan 5–20 kilometer per jam.

Namun, berdasarkan perkiraan cuaca, kata Asrul, tetap waspada terhadap awan awan gelap dan tebal. Karena dapat menimbulkan hujan lebat, guntur disertai petir, dan angin kencang yang menyebabkan terjadinya gelombang laut tinggi secara tiba-tiba beberapa hari ke depan. ”Secara umum pembentukan awan konvektif masih berkurang hanya berpotensi pembentukan awan di lapisan menengah dan atas,” ujarnya.

Pembentukan awan yang berpotensi terjadinya hujan ringan secara lokal terjadi pada siang dan sore hari dengan peluang berkisar 30 persen. Karena pertumbuhan awan sedikit lebih banyak. Tinggi gelombang laut berkisar 0,5 meter hingga 1.25 meter, terutama di laut Natuna bagian Utara dan laut Anambas.(arn)

Update