Kamis, 18 April 2024

Harga Bahan Pokok Mulai Turun

Berita Terkait

batampos.co.id – Harga beberapa komoditas bahan pokok yang ada di pasar tradisional seperti Pasar Puan Maimun mulai turun pada H+4 Lebaran atau Selasa (19/6). Harga bawang putih kemarin Rp 25 ribu per kg, bawang merah Rp 18 ribu per kg, kentang Rp 12 ribu per kg, cabai hijau Rp 36 ribu per v dan cabai merah Rp 40 ribu per kg.

”Sekarang harga sudah turun antara Rp 3 ribu sampai Rp 5 ribu per kg,” kata Bujang, pedagang sembako di Pasar Puan Maimun, Selasa (19/6).

Harga sayur-sayuran lokal juga ikut turun, seperti sawi Rp 15 ribu, bayam Rp 10 ribu dari sebelumnya mencapai Rp 20 ribu per kg. ”Kalau sayuran tergantung cuaca, tetapi rata-rata sayuran lokal dari sini. Kecuali wartel, kentang, bawang, dan cabai yang didatangkan dari luar Karimun,” ucap Bude pedagang sayuran yang setiap hari mangkal di Pasar Puan Maimun.

Dia mengatakan, khusus wortel dan telur ada kenaikan harga karena permintaan tinggi. Harga wortel saat ini Rp 25 ribu per kg, naik Rp 3 ribu. Telur juga mengalami kenaikan dari Rp 39 ribu per papan menjadi Rp 43 ribu per papan.

Sementara itu untuk harga ayam potong yang semula Rp 35 ribu per kg, turun menjadi Rp 33 ribu per kg. Harga jual ayam kampung bertahan Rp 80 ribu per kg. Stok daging sapi segar sudah kembali normal, dan harganya juga kembali normal Rp 150 ribu per kg setelah sempat melonjak di harga Rp 175 ribu per kg.

”Stok ayam potong cukup. Kita saja jualan terbatas, maklum suasana masih Lebaran. Tetapi harga sudah seperti semula lah, tidak ada kenaikan tinggi juga menjelang Lebaran kemarin,” jawab Uda, pedagang ayam potong.

Pantauan di lapangan, aktivitas para pedagang masih belum 100 persen. Ada beberapa lapak maupun kios yang masih tutup. Di antaranya penjual bumbu yang biasa menjajakan bumbu siap saji, belum memulai perdagangan.(tri)

Update