Kamis, 18 April 2024

Karimun Belum Dapat Kuota CPNS

Berita Terkait

batampos.co.id – Meski telah ada pengumuman dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) tentang penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) Juli mendatang, namun Pemerintah Kabupaten Karimun mengaku belum mendapat kepastian kuota dari KemenPAN-RB.

”Kita sudah sampaikan analisa jabatan (Anjab) yang di dalamnya termasuk formasi kebutuhan ASN/PNS. Hanya saja, sampai saat ini formasi yang sudah kita sampaikan ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) belum ada jawaban. Sehingga, apakah tahun ini ada penerimaan CPNS atau tidak untuk Kabupaten Karimun belum pasti,” ujar Sekda Kabupaten Karimun M Firmansyah, Selasa (19/6).

Pemerintah Kabupaten Karimun, katanya, memang membutuhkan PNS. Sebab sejak 9 tahun lalu atau tepatnya sejak 2009 tidak ada lagi penerimaan CPNS. Sehingga saat ini memang membutuhkan pegawai yang berstatus PNS. Sebab setiap tahun ada saja PNS yang pensiun. Sehingga PNS yang ada saat ini belum bisa mengisi kekosongan PNS yang pensiun.

”Berbicara penerimaan CPNS bukan sekadar kita membuka lowongan saja. Melainkan kaitannya dengan anggaran. Sehingga untuk penerimaan CPNS ini harus ada anggaran terlebih dulu. Karena biaya untuk gaji CPNS ini bersumber dari APBN. Kalau tidak ada anggaran, maka CPNS yang sudah diterima tidak bisa menerima gaji. Kecuali tunjangan kesejahteraan yang sumber dananya dari APBD,” paparnya.

Untuk formasi CPNS yang dibutuhkan Pemerintah Kabupaten Karimun, Firman menyebutkan, sesuai dengan Anjab yang sudah dikirimkan ke BKN, kebutuhan PNS di daerah ini terdiri dari tenaga kesehatan.

”Kemudian juga ada tenaga pendidik atau guru dan tenaga teknis. Untuk persyaratan yang kita butuhkan kalau nanti seandainya ada penerimaan, lulusan minimal DIII,” ungkapnya.

Meski Firman belum menyebutkan angka, sebelumnya Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan setidaknya butuh 400 hingga 1.000 CPNS baru untuk mengisi berbagai posisi di berbagai Organisasi Perangkat Daerah. Terutama untuk bidang kesehatan. (san)

Update