Sabtu, 20 April 2024

Pasca Lebaran, RS BP Ramai Pasien

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Pasca lebaran, Rumah Sakit Badan Pengusahaan Batam (RSBP) yang berada di Sekupang kebanjiran pasien. Meskipun poliklinik tutup sesuai dengan jadwal libur cuti lebaran, petugas medis bekerja keras melayani pasien yang berdatangan.

Humas RSBP, Iman mengatakan lonjakan pasien memang terjadi setelah hari raya lebaran ini. Ia menyebutkan pasien mulai datang dengan berbagai keluhan mulai dari yang ringan hingga berat seperti sakit gigi higga jantung.

Pasien rujukan cukup banyak, sebelumnya mereka telah mendatangi puskesmas terdekat karena membutuhkan pelayanan lebih makanya di rujuk ke RSOB.

“Jumlah kenaikannya saya belum dapat datanya, cuman memang cukup banyak terutama yang rujukan. Karena kami merupakan salah saru rumah sakit rujukan,” terangnya.

Ia mengatakan untuk Instalasi Gawat Darurat (IGD) cukup ramai menerima pasien. Layanan poli umum akan kembali beroperasi Kamis (21/6) seiring habisnya libur lebaran.

Iman menambahkan rumah sakit telah mengatur jadwal jaga petugas medis dalam melayani pasien. Termasuk, menyiapkan petugas yang cukup untuk menangani lonjakan warga yang datang pada sejak libur lebaran 11 Juni lalu.

“Intinya pasien yang datang harus terlayani,” sebutnya.

Menurutnya lonjakan penumpang bisa bertambah lagi seiring masuknya hari pertama kerja nanti. Jumlah pasien di IGD saja banyak apalagi jika poliklinik sudah dibuka.

“Untuk rawat inap juga banyak, tapi masih ada kamar jika ada pasien yang mebutuhkan pengobatan di sini,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Batam, Didi Kusmarjadi mebyebutkan pasca lebaran rara-rata IGD yang dibukan di puskesmas ramai dikunjungi pasien. Untuk mengantisipasi lonjakan pasien, pihaknya bahkan telah membuka beberapa poli yang dibutuhkan warga.

“Rata-Rata semua ramai. Ini aja kami sudah buka poli agar pasien terlayani. Hampir semua buka,”sebutnya. (yui)

Update