Rabu, 24 April 2024

83 Ribu Pemudik Tiba di Pelabuhan SBP Tanjungpinang

Berita Terkait

Ratusan penumpang menunggu keberangkatan kapal di Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang, Rabu (20/6). F. Yusnadi/batampos.co.id

batampos.co.id – Kepala Seksi Lalu Lintas Laut (Kasi Lala) Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang, Masbichin mengatakan puncak arus balik Lebaran Idul Fitri 1439 H terjadi pada Rabu (20/6) kemarin. Sampai 1 Juli mendatang ia memperkirakan ada 121 ribu pemudik melalui Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP), Tanjungpinang.

“Sampai H+4 kemarin, tercatat 83 ribu pemudik sudah tiba di Tanjungpinang. Jumlah tersebut belum ditambah dengan arus balik hari ini (kemarin, red),” ujar Masbichin, kemarin di Kantor KSOP Tanjungpinang.

Dijelaskannya, kepadatan penumpang di Pelabuhan SBP Tanjungpinang telah terjadi pada H+3. Pada hari itu, sebanyak 8.600 orang keluar dari Tanjungpinang. Berhubungan hari ini, Aparatur Sipil Negara (ASN) sudah kembali bekerja, maka wajar jika penumpang begitu ramai di Pelabuhan SBP Tanjungpinang.

“Aktivitas pelayaran akan terjadi sampai malam ini. Yang jelas ribuan pemudik hari ini (kemarin, red) akan tiba di Tanjungpinang. Rekapitulasi pastinya, akan kita hitung setelah kedatangan terakhir,” jelasnya.

Sejak dimulainya aktivitas arus mudik sampai H+4 sebanyak 1.109 pelayaran dari Pelabuhan SBP, Tanjungpinang ke berbagai daerah di Kepri. Sedangkan jumlah kapal yang datang sebanyak 1.169 pelayaran. Ditambahkannya, libur Lebaran kali ini juga disejalankan dengan libur sekolah.

“Makanya kita prediksikan sampai 1 Juli 2018 mendatang bisa tembus sampai 121 ribu,” paparnya. Terpisah, Kepala Pos Imigrasi Pelabuhan Internasional SBP Tanjungpinang Daniel mengatakan, aktivitas keberangkatan dan kedatangan internasional tidak begitu sibuk.

Menurutnya jika dibandingkan dengan Lebaran tahun lalu, jumlah warga Tanjungpinang yang pergi ke Malaysia dan Singapura tahun ini tidak begitu ramai. “Begitu juga dengan kedatangan. Rata-rata setiap hari sekitar 2.000 orang yang datang dan pergi melalui Pelabuhan Internasional SBP Tanjungpinang ini,” ujar Daniel, kemarin.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang Afrianus Hangki mengatakan, pihaknya memprediksi ada sekitar 121.260 pemudik yang akan berangkat dari Pelabuhan SBP selama arus mudik Lebaran. Jika dibandingkan tahun lalu, kenaikannya sekitar 0,96 persen.

“Pada 2017 sebanyak 120.107 pemudik berangkat dari Pelabuhan SBP. Tahun ini kami prediksikan bertambah sebanyak 1.153 pemudik,” ujar Afrianus Hangki, belum lama ini. (jpg)

Update