Rabu, 24 April 2024

Arus Balik Didominasi Warga Selatpanjang

Berita Terkait

Calon penumpang tujuan Selatpanjang sedang menunggu waktu keberangkatan, Rabu (20/6). F. Tri Haryono/batampos.co.id

batampos.co.id – Arus balik di pelabuhan domestik Tanjung­balai Karimun ternyata di­do­mina­si warga Selatpanjang. Tercatat ada sekitar 10 ribu war­ga Selatpanjang, Riau, itu kem­bali ke Selatpanjang setelah me­rayakan hari raya Idul Fitri di Karimun.

”Dari lima kapal cadangan yang kita siapkan, hanya dua kapal yang beroperasi untuk mengangkut calon penumpang tujuan Selatpanjang dengan tiga trip,” kata Ketua Dewan Pimpinan Cabang Indonesian National Shipowners Association (DPC INSA) Kabupaten Karimun Bustami Datuk Raja Marah, Rabu (20/6).

Kemarin sudah tercatat penum­pang tujuan Selatpanja­ng men­capai 5.600 orang denga­n me­­nggu­nakan dua kapal cada­ng­an yang disiapkan pihak­nya. Angka tersebut belum te­rmasuk penumpang kapal re­guler yang melayani rute Selatpanjang. Bila ditotal jumlahnya diperkirakan mencapai 10 ribu orang. ”Khusus untuk tujuan Selatpanjang saja ya, banyak yang keluar di hari H+2 lebaran,” ungkapnya.

Kapal cadangan menurutnya berangkat mulai pukul 09.00 WIB. Sedangkan kapal reguler berangkat pada siang hari. Selain tujuan Selatpanjang, rute lainnya terbilang normal. Untuk tujuan Bengkalis, Dumai maupun Buton penumpang tidak begitu padat dan dapat diangkut oleh kapal reguler. De­mikian juga tujuan Batam dan Tanjungpinang dapat ter­angkut semuanya dari pelabuhan domestik Tanjungbalai Karimun.

”Tujuan Batam hari Minggu dan Senin yang full semua kapal. Hari ini (kemarin, red) mulai normal. Arus balik dari Selatpanjang yang membeludak,” jelas Bustami lagi.

Lalu lintas kapal selama mudik dan arus balik menurutnya berjalan lancar. Proses sandar kepal ke pelabuhan bisa berjalan tanpa memakan waktu lama, walau penumpang membludak.

”Alhamdulillah, semua berjalan lancar. Semua calon penumpang dapat diberangkatkan, asal jangan telat saja. Karena begitu kapal sampai dan turunkan penumpang, kemudian langsung berlanjut naikkan penumpang dan berangkat,” ucapnya.
Untuk pengamanan dan ketertiban, petugas dari TNI, kepolisian, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Badan Usaha Kepelabuhan (BUP) dan Pelindo diterjunkan.(tri)

Update