Jumat, 19 April 2024

Keluhan Pasien RSUD Didominasi Pasien Sakit Perut

Berita Terkait

batampos.co.id – Instalasi Gawat Darurat (IGD) di RSUD M Sani dipenuhi pa­sien penderita sakit perut atau gastrik usai Lebaran. Penyakit lainnya kolesterol dan ja­n­tung.

”Itu berdasarkan data yang dicatat oleh petugas IGD yang dilaporkan ke kami. Ada penyakit lain tapi yang dominan pasien mengeluh sakit perut,’’ ujar Kepala Bidang Pelayanan RSUD Muhammad Sani dr Dedi, Rabu (20/6). Namun, ia tak menyebutkan angka persisnya.

Selain itu, ada juga pasien yang menderita penyakit kronis. Hanya saja pasien yang menderita penyakit-penyakit kronis ini merupakan pasien tetap. Meski pelayanan poli RSUD tutup selama libur Lebaran, tapi pasien yang menderita penyakit kronis tersebut sudah terjadwal tetap untuk menjalani pemeriksaan. Termasuk juga pasien yang biasa menjalani cuci darah tetap dilayani seperti biasa.

Dedi menyebutkan, sesuai dengan jadwal hari libur dan cuti bersama yang ditetapakn oleh pemerintah, maka operasional pelayanan RSUD akan kembali normal mulai Kamis (21/6).

”Libur hari ini (kemarin, red) merupakan hari terakhir. Setelah itu pelayanan di rumah sakit akan kembali normal seperti biasa,” ujarnya.

Dia memprediksikan RSUD M Sani akan dipenuhi pasien setelah rumah sakit libur dalam waktu yang cukup lama. ”Biasanya kalau pelayanan di RSUD liburnya lama, maka pada saat mulai beroperasi pasien yang datang itu ramai,” jelasnya.

Dia berpesan kepada warga Karimun untuk selalu menjaga kesehatan. Khususnya menjaga pola makan. Karena setelah satu bulan berpuasa, pada saat Lebaran biasanya berbagai jenis makanan dilahap. Dia menyarankan agar makanan yang dikonsumsi bergizi dan mengandung serat.

”Hindari jenis makanan yang mengandung banyak lemak karena dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah dan hipertensi,” pesannya. (san)

Update