Sabtu, 20 April 2024

Seragam Sekolah Mulai Diburu

Berita Terkait

Sejumlah warga sedang memilih seragam sekolah buat anaknya di Toko Rosmi Tanjung Pantun Jodoh
F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Usai lebaran idul fitri sejumlah orang tua mulai berburu seragam sekolah, meski jadwal masuk sekolah masih tanggal 16 Juli mendatang. Persiapan jauh-jauh hari itu lebih banyak dilakukan para orangtua yang anaknya akan masuk sekolah dasar.

Erika misalnya, warga Baloi Indah ini sengaja mendatangi kawasan Jodoh untuk membeli seragam sekolah anaknya. Hal itu dikarenakan permintaan anaknya yang tak sabar ingin mengenakan seragam sekolah.

“Ini anak pertama saya, dia sudah tak sabar pengen pakai seragam sekolah. Tiap hari merengek minta beliin baju sekolah,” ujar wanita berusia 33 tahun ini di kawasan Tanjungpantun.

Meski pendaftaran sekolah baru dimulai pada 25 Juni mendatang, namun ia optimis anaknya bisa diterima di sekolah negeri. Ia yakin karena usia anaknya sudah lewat dari tujuh tahun.

“Mei kemarin anak saya sudah tujuh tahun, jadi saya yakin anak saya bisa diterima. Makanya pede beli seragam sekarang,” ujarnya sembari tersenyum.

Hal senada dikatakan Yetno yang juga berburu baju seragam sekolah anaknya meski masih dalam suasana lebaran. Menurutnya, persiapan jauh hari lebih baik, apalagi uang untuk beli baju seragam sudah ia siapkan.

“Anak saya naik kelas 4 SD, butuh baju baru karena seragamnya sudah kekecilan. Setiap tahun emang beli baju, minimal dua,” imbuhnya.

Sementara Amir pedagang toko seragam mengaku pembeli baju seragam sekolah belum terlalu banyak, meski sudah ada yang membeli dagangannya.

“Yang beli sejak dua hari lalu memang sudah ada, tapi belum banyaklah, masih satu-satu,” ujarnya.

Menurutnya, kebiasaan orang tua membeli baju seragam anak biasanya seminggu jelang masuk sekolah. Apalagi beberapa hari jelang masuk sekolah, akan terjadi peningkatan penjualan.

Pakaian seragam SMA dan SMP lengan panjang, ia jual dengan Rp 125 ribu dan lengan pendek Rp 110 ribu. Sedangkan seragam SD lengan panjang Rp 60 ribu dan lengan pendek Rp 55 ribu.

“Semuanya sudah satu setel. Harga baju SD memang lebih murah,” pungkas Amir. (she)

Update